Waspada, Penurunan Kasus di Indonesia Bukan Alasan Euforia Berlebihan

228

Waspada, Penurunan Kasus di Indonesia Bukan Alasan Euforia Berlebihan

Kasus Covid-19 saat ini tengah mengalami penurunan yang sangat baik dan relatif stabil. Hal ini dibuktikan dengan angka kesembuhan yang terus meningkat, angka kematian yang terus menurun, dan angka keterisian rumah sakit yang sudah sangat stabil. Namun, hal ini tidak menandakan bahwa Covid-19 telah benar-benar hilang dari Indonesia, sehingga kewaspadaan dan protokol kesehatan masih harus terus dilakukan.

Dalam Internasional Media Briefing di Graha BNPB, Selasa (7/11/2021) yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia. Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa saat ini, kasus mingguan Indonesia mencapai 1.749 kasus, atau turun 99% dari puncaknya, namun sayangnya, kabar baik tersebut masih belum diimbangi dengan penurunan kasus dunia, sehingga kewaspadaan masih harus terus diperingatkan agar masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

Dengan demikian, data tersebut diharapkan mampu menjadi acuan dan peringatan bagi masyarakat agar tidak melakukan kegiatan euforia dengan berlebihan, sehingga dapat menimbulkan kerumunan yang berpotensi meningkatkan kasus aktif.

Sumber :

1.       https://covid19.go.id/berita/pemerintah-upayakan-perlindungan-maksimal-meskipun-kasus-covid-19-terkendali