4 Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Pasca Banjir

Share
By Staff PKK November, 24 2016 Info Penting
4 Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Pasca Banjir

Bencana banjir selain membuat kerugian material dan harta benda, terkadang menyebabkan beberapa permasalahan kesehatan yang umum dijumpai pasca banjir yakni hadirnya penyakit yang diderita para warga yang terkena banjir. Setidaknya ada 4 jenis penyakit yang perlu diwaspadai pasca banjir, apa sajakah penyakit penyakit tersebut? Berikut adalah ulasan masing masing penyakit yang muncul dan perlu diwaspadai pasca banjir.

Diare

Diare biasanya didahului oleh perasaan mual dan munta muntah, kejadian ini disebabkan karena adanya infeksi virus dan gejalanya seperti sakit perut, kejang perut dan gejala gejala lain yang mirip seperti gejala penyakit flu. Diare dapat membuat penderita mengalami kehilangan cairan dan juga elektrolit. Pengobatan terhadap diare biasanya dilakukan dengan memberikan oralit kepada penderita.

Leptospirosis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira ini nyatanya menjadi salah satu penyakit yang penderitanya terkadang bisa ditemui di daerah yang sehabis terkena banjir. Bakteri ini biasanya terdapat dalam air kencing tikus yang sudah terinfeksi dan bakteri ini terbawa saat terjadi banjir dan masuk kedalam tubuh manusia melalui luka dibagian kulit tubuh, selain itu bakteri leptospira ini juga bisa ditularkan melalui makanan yang dimakan oleh manusia.

Penyakit Kulit

Penyakit kulit juga bisa menyerang warga yang terkena banjir, penyakit ini bisa diderita karena warga yang tidak mengenakan alas kaki yang kuat, karena kulit sangat mudah sekali terluka apabila menginjak benda benda beling seperti pecahan kaca atau benda benda yang keras lainnya. Bakteri Eschericia coli merupakan bakteri yang membuat penyakit kulit ini. Bakteri ini bisa mewabah apabila lingkungan yang sehabis terkena banjir tidak segera dibersihkan dan juga tidak menjaga kebersihan pada makanan.

Infeksi Saluran Nafas Akut (ISPA)

ISPA disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur namun ISPA lebih banyak disebabkan karena virus.  Mencegah ISPA dapat dilakukan dengan tetap menjaga asupan gizi tubuh dengan baik, melakukan imunisasi, menjaga kebersihan mandiri dan lingkungan.

https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=99&idmateri=150&mnu=Materi3

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait