4 Persiapan Menghadapi Bencana Banjir

Share
By Webmaster November, 10 2017 Tips Siaga Bencana
4 Persiapan Menghadapi Bencana Banjir

Bencana banjir hampir terjadi disetiap wilayah Indonesia. Bencana ini seakan sudah menjadi langganan ketika musim hujan tiba. Masayrakat harus lebih waspada dalam menghadapi bencana ini, sebab banjir yang terjadi bisa menganggu aktifitas bahkan bisa juga menimbulkan masalah kesehatan. Oleh sebab itu, ada baiknya kita memang harus lebih sigap dalam menghadapi banjir.

Banjir menjadi risiko terburuk ketika musim hujan. Bagi mereka yang tinggal didaerah rawan banjir sudah seharusnya memiliki persiapan dan tindakan antisipasi. Berikut adalah tindakan antisipasi dan penyelamatan saat terjadi banjir.

  1.      Simpan surat berharga di lemari bagian atas

Biasanya orang akan menyimpan barang dan dokumen penting didalam laci atau lemari. Namun ada baiknya jika tidak menyimpan dibagian bawah untuk mengurangi risiko terendam banjir. Ada baiknya untuk menyimpan surat berharga dalam koper atau tempat yang kedap air sehingga memudahkan penyelamatan bila memang harus meninggalkan rumah ketika banjir datang.

  1.      Amankan saluran listrik dan barang elektronika

Untuk mencegah terjadinya korsleting listrik, ada baiknya untuk mencabut barang elektronik dari stop kontak. Usahakan stop kontak anda dalam posisi yang tinggi sehingga tidak terjangkau air ketika banjir datang.

  1.      Penyelamatan anggota keluarga yang sakit atau manula

Ketika ada anggota keluarga anda yang sedang sakit atau manula, maka harus membutuhkan penanganan yang ekstra hati-hati. Anda harus menyiapkan akses dan memprioritaskan mereka untuk diselamatkan lebih dulu.

  1.      Cari informasi lingkungan sekitar

Anda harus mencari informasi terkini tentang kondisi banjir yang terjadi wilayah anda. Biasanya ketika banjir datang, aparatur lingkungan sudah bekerja sama dengan warga dan lembaga sosial tertentu untuk tanggap terhadap bencana.

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait