4 Penyakit Penyerta Musim Hujan

562

4 Penyakit Penyerta Musim Hujan

Musim hujan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu sebagian orang karena menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Namun, musim hujan juga berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat, apalagi jika kebersihan dan kesehatan kurang diperhatikan. 

Penyakit Penyerta Musim Hujan

Ada banyak jenis penyakit yang dapat terjadi pada musim hujan dan berikut beberapa contoh penyakit yang sering terjadi pada musim hujan:

  1. Influenza

Influenza merupakan penyakit yang paling sering terjadi pada musim hujan. Virus ini menyebar melalui cairan tubuh yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung, maupun tangan yang menyentuh benda terkontaminsasi.

  1. Demam berdarah

Demam berdarah juga merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi pada musim hujan. Penyakit ini disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang berkembang biak di genangan air.

  1. Diare

Diare adalah penyakit yang terjadi ketika saluran pencernaan kita terkontaminasi oleh bakteri atau virus yang dibawa oleh makanan yang kita konsumsi.

  1. Leptospirosis

Yang terakhir adalah Leptospirosis. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira yang hidup di genangan air ini dapat menyebabkan demam, sakit kepala, mual, muntah dan nyeri otot. Untuk menghindari leptospirosis, jangan lupakan paparan genangan air.

Musim hujan dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu. Jadi jagalah kebersihan dan kesehatan kita selama musim hujan. Ingatlah untuk waspada terhadap lingkungan kita dan segera periksa ke fasilitas kesehatan terdekat jika kita mengalami gejala penyakit, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.