5 Langkah Mencegah Penyakit Pasca Banjir

364

5 Langkah Mencegah Penyakit Pasca Banjir

Dalam kondisi bencana seperti banjir, maka kebijakan sanitasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh masyarakat yang sedang mengungsi agar terhindar dari berbagai risiko penyakit yang berpotensi terjadi pasca banjir melanda.

Dalam pelaksanaannya, penanganan pasca banjir dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat. Namun demikian, perlu adanya informasi hingga program yang terintegrasi oleh pemerintah untuk meminimalisir berbagai risiko lainnya.

Cara Mencegah Penyakit Pasca Banjir

Berikut ini adalah beberapa langkah teknis yang dapat dilakukan oleh masyarakat secara mandiri dalam upaya menghindari potensi penyakit pasca banjir, diantaranya adalah:

  1. Membersihkan rumah dari sampah dan kotoran lainnya yang terbawa banjir ke tempat sampah, dan bersihkan berbagai tempat seperti dinding dan lantai dengan desinfektan.

  2. Berhati-hati atau hindari dalam menggunakan sumber air seperti air sumur dan keran, karena dikhawatirkan telah terjadi adanya kontaminasi zat yang tidak sehat bagi tubuh, meski dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

  3. Memakai alat pelindung beralas keras seperti sepatu apabila berjalan di genangan air, serta menutup berbagai akses yang berpotensi menjadi sarang hewan, seperti tikus.

  4. Meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, serta beristirahat yang cukup

  5. Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak, apabila mengalami luka saat melakukan pembersihan maupun evakuasi.

Dengan mengetahui beberapa upaya untuk meminimalisir potensi munculnya penyakit pasca banjir diatas, diharapkan mampu melindungi masyarakat agar bisa tetap sehat dan kembali beraktivitas secara normal pasca banjir melanda.