BANJIR BANDANG DI KABUPATEN GORONTALO UTARA

Share
By Eko Mediastianto January, 23 2015 Info Penting
BANJIR BANDANG DI KABUPATEN GORONTALO UTARA

Tanggal 17 Januari 2015 pukul 23.00 WIT Kabupaten Gorontalo Utara dilanda banjir bandang, tepatnya di  4 Desa di Kecamatan Tinggola (Desa Wapalo, Desa Iomata Desa Iloheluma dan Desa Bintana), Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi mengakibatkan terjadinya pengungsian warga sebanyak 282 KK (1056 jiwa).

Permasalahan kesehatan yang timbul di lokasi pengungsian antara lain pengungsi mulai mengalami penyakit demam, ISPA , mialgia dan dermatitis (penyakit kulit) serta kurangnya persediaan air bersih yang diakibatkan tercemarnya sumber air bersih.

Dinas Kesehatan  Kabupaten Gorontalo Utara melakukan upaya penanggulangan krisis kesehatan berupa pendirian pos kesehatan di lokasi pengungsian serta mendistribusikan tenaga kesehatan dan obat-obatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para pengungsi yang sakit.

PPK Regional Sulawesi Utara memberikan bantuan berupa kaporit  untuk menjernihkan  15 sumur di Desa Bintana  yang tercemar akibat banjir.

Kondisi saat ini banjir sudah mulai surut. Dinkes Kabupaten Gorontalo Utara terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, PPK Regional Sulawesi Utara dan PPKK Kementerian Kesehatan

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait