Aplikasi Pemantauan Perkembangan Covid-19 di Indonesia

Share
By Webmaster March, 29 2020 ARTIKEL COVID-19
Aplikasi Pemantauan Perkembangan Covid-19 di Indonesia

Kementerian Kesehatan melalui Pusat Krisis Kesehatan meluncurkan aplikasi online berbasis web terkait pemantauan dan pemetaan perkembangan COVID-19 di Indonesia. Aplikasi ini menjadi pelengkap terhadap aplikasi pemantauan yang telah diluncurkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19.

Masyarakat dapat mengakses aplikasi online ini di halaman http://pusatkrisis.kemkes.go.id/covid-19-id/ atau melalui situs resmi www.pusatkrisis.kemkes.go.id, adapun terdapat beberapa fasilitas dan fitur yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain:

Data Pemantauan Harian

Informasi harian terkait pemantauan perkembangan kasus covid-19 di Indonesia terbagi dalam perkembangan kasus global, Indonesia sampai kepada data per provinsi tersaji dalam bentuk yang komprehensif (Data Kasus Terkonfirmasi, Jumlah Kasus Meninggal dan Kasus Sembuh).

Peta Spasial

Peta spasial dibagi menjadi dua type peta antara lain peta tematik sebaran perkembangan penyebaran covid-19 dan peta layer kasus COVID19 yang terdiri dari data jumlah kasus, layer kepadatan penduduk, layer rumah sakit rujukan.

Grafik Perkembangan Pemantauan

Informasi perkembangan harian dalam bentuk grafik yang terbagi menjadi 2 bentuk grafik antara lain grafik perkembangan kumulatif dan grafik perkembangan harian terkait kasus terkonfirmasi, jumalh kasus meninggal dan jumlah kasus sembuh.

Layanan Data Dukungan

Terdapat beberapa layanan data dukungan antara lain informasi terkait rumah sakit rujukan COVID19, rumah sakit yang terdapat dalam provinsi sampai kepada puskesmas yang terdapat dalam provinsi disajikan secara lengkap dan komprehensif.

Fasilitas Menu.

Terdapat beberapa menu dalam aplikasi online tersebut antara lain Menu Media dimana menyajikan informasi artikel, Media, Download Protokol, Pedoman sampai dengan Situation Report.

Menu tanya jawab akan menginformasikan segala sesuatu tentang Covid19, pada menu ini informasi disajikan dalam bentuk FAQ.

Aplikasi online ini merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan sistem informasi Pusat Krisis Kesehatan, Pusdatin Kemenkes RI, Rs Online, BNPB.

Aplikasi ini juga tersedia API untuk kebutuhan integrasi data dengan aplikasi lainnya. Masyarakat diharapkan dapat lebih terpapar informasi yg lebih komprehensif dan aktual.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait