Asistensi Manajemen Penanggulangan Krisis Kesehatan di Kab. Morowali 13-17 Feb 2017

Share
By Staff PKK February, 22 2017 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Asistensi Manajemen Penanggulangan Krisis Kesehatan di Kab. Morowali Tanggal 13-17 Feb 2017

Pusat Krisis Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Asistensi Manajemen Pada Tanggal 13 – 17 Februari 2017 di Kabupaten Morowali.

Upaya pengurangan risiko bencana di Indonesia haruslah dilakukan dengan tetap mempertimbangkan aspek berkelanjutan dan partisipasi dari semua elemen terkait. Langkah tersebut harus dilakukan dengan komitmen yang kuat dan mengedepankan tindakan-tindakan yang menjadi prioritas.

Penyusunan prioritas ini perlu dilakukan untuk membangun dasar yang kuat dalam melaksanakan upaya pengurangan risiko bencana yang berkelanjutan serta mengakomodasikan kesepakatan internasional dan regional dalam rangka mewujudkan upaya bersama yang terpadu.

Pusat Krisis Kesehatan sebagai koordinator klaster kesehatan, telah melakukan upaya pengurangan risiko bencana bidang kesehatan sejak tahun 2015 dan akan terus dilakukan sampai dengan 2019 sesuai dengan Renstra Pusat Krisis Kesehatan tentang 34 Kabupaten/Kota Rawan Bencana.

Kegitan tersebut merupakan rangkaian kegiatan mulai dari assesment kapasitas daerah dalam penerapan manajemen penenggulangan krisis, pendampingan penyusunan peta respons dan peta kapasitas daerah, pendampingan penyusunan rencana kontinjensi bidang kesehatan, table top exercise, dan geladi.

Sebagai cara untuk mengurangi risiko bencana bidang kesehatan. Maka diperlukan identifikasi bagaimana kapasitas kerentanan dan potensi bencana di wilayah-wilayah kabupaten/kota yang memiliki kerawanan bencana, terutama di kabupaten/kota yang menjadi target 34 Kabupaten/Kota Rawan bencana tahun 2015 – 2019.

Kegiatan Assesment tahun 2017 ini merupakan rangkaian kegiatan pengurangan bencana di tahun ke 3 yang merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun 2015 dan 2016.

 

Tujuan kegiatan  kegiatan assessment yang dilakukan  Pusat Krisis Kesehatan  di 34 kabupaten/kota, adalah :

  1.   Mengetahui kapasitas Dinas Kesehatan dalam penerapan manajemen penanggulangan krisis kesehatan
  2.   Mengetahui kendala yang dihadapi Dinas Kesehatan dalam upaya penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana

Memberikan rekomendasi terkait dengan upaya peningkatan kapasitas Dinas Kesehatan dalam penanggulangan krisis kesehatan.

Berikut galeri fotonya dapat anda lihat DISINI

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait