Banjir Terjang Gorontalo, Ratusan Warga Mengungsi

Share
By Webmaster June, 05 2017 Info Penting
Banjir Terjang Gorontalo, Ratusan Warga Mengungsi

Masyarakat tentu perlu mewaspadai ancaman banjir yang sewaktu waktu bisa terjadi terutama ketika sedang diguyur hujan deras. Intensitas hujan yang tinggi telah mengakibatkan terjadi banjir di Kecamatan Limboto, Limboto Barat dan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo pada 2 Juni 2017. Banjir yang cukup besar itupun melanda 3 kecamatan, akibatnya ribuan warga harus dievakuasi ke tempat aman.

Intensitas hujan yang tinggi dan berlangsung cukup lama mengakibatkan Daerah Aliran Air (DAS) Marisa yang melintasi wilayah Limboto Barat dan DAS Moloupo dan DAS Monggelomo meluap mnegakibatkan rumah penduduk dan daerah pesawahan terendam banjir. Selain itu, banjir juga telah menyebabkan Puskesmas Limboto Barat terdampak banjir, tetapi tidak menganggu pelayanan kesehatan.

Berdasarkan data Pusat Krisis Kesehatan, dalam musibah ini, 3877 warga harus mengungsi karena banjir yang semakin luas menerjang kampung halaman mereka. sementara itu 353 orang mengalami luka ringan dan dievakuasi ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.

Sejumlah masyarakat mengungsi dengan membawa barang-barang rumah tangga yang bisa diselamatkan. Mereka menempati kawasan desa yang berbukit yang jauh dari jangkauan banjir. Di Kabupaten Gorontalo, banjir juga merendam Desa Ombulo dan sekitarnya. Kawasan ini merupakan langganan banjir setiap hujan datang.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait