Berkendara Saat PSBB, Berikut Ini Aturannya!

Share
By Webmaster May, 27 2020 ARTIKEL COVID-19
Berkendara Saat PSBB, Berikut Ini Aturannya!

Pemerintah telah menetapkan PSBB sebagai bagian dari pencegahan penularan Novel Coronavirus Disease atau COVID-19 di negara kita. PSBB adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang berarti juga membatasi gerak-gerik masyarakat. Pegawai pemerintah pun juga diturunkan untuk menertibkan masyarakat agar tidak melanggar peraturan PSBB tersebut.

Berbagai aturan ditetapkan dalam rangka menerapkan PSBB yang efektif dan dinilai mampu meminimalisir penularan COVID-19. Salah satunya adalah larangan untuk berkendara dalam jumlah penumpang banyak. Namun tak hanya itu, ada cukup banyak peraturan lain terkait berkendara yang harus Anda ketahui.

Peraturan Berkendara Saat PSBB

Salah satu aturan yang ada pada PSBB adalah larangan mudik atau pulang kampung. Ketika berkendara pun Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ke berbagai tempat yang diperlukan. Namun begitu, berbagai peraturan lainnya berikut ini wajib dipatuhi oleh para pengendara ketika PSBB:

  1. Jangan berkendara ketika sakit
    Kesehatan adalah hal yang utama, dan itu tidak selalu berkaitan dengan virus COVID-19. Pastikan sebelum berkendara Anda berada dalam kondisi kesehatan yang prima, dan bisa selamat sampai tujuan hingga pulang lagi ke rumah. Memastikan kesehatan adalah langkah awal untuk memprevensi penularan virus.

  2. Jumlah penumpang maksimal adalah 50% dari total kapasitas
    Jumlah penumpang yang ada di atas kendaraan memang diatur sebanyak 50% dari total kapastias. Itu berarti, untuk kendaraan motor hanya boleh ada 1 orang yang menaikinya. Sedangkan untuk mobil, hanya diperbolehkan sekitar 2 hingga 3 orang sekaligus.

  3. Menggunakan sarung tangan ketika berkendara
    Bagi pengendara bermotor, sarung tangan sangat berguna untuk melindungi kulit tangan dari terik sinar matahari. Selain itu, sarung tangan juga berfungsi untuk mengeratkan genggaman tangan pada stang motor. Fungsi lain dari menggunakan sarung tangan tersebut adalah untuk meminimalisir kontak tangan terhada sumber virus, sehingga tidak masuk ke tubuh. Bila Anda menggunakan kendaraan mobil, hendaknya juga menggunakan sarung tangan agar kebersihan tubuh Anda lebih terjaga.

  4. Wajib menggunakan masker ketika berkendara
    Sejak pandemi dinyatakan merebak, masker adalah salah satu item yang begitu penting untuk dikenakan ketika keluar rumah. Ketika berkendara di mobil sekalipun, jangan lupa ntuk menggunakan masker karena hal ini bisa melindungi sistem pernafasan Anda.

  5. Lakukan desinfeksi pada kendaraan setelah dipakai
    Berkendara ke luar rumah meningkatkan potensi virus menempel ke badan serta kendaraan Anda. Oleh karena itu, selalu lakukan desinfeksi menggunakan larutan pembersih atau cuci sabun dan air untuk menghilangkan virus.

  6. Keluar rumah hanya jika perlu
    Berdasarkan aturan PSBB yang diterapkan oleh pemerintah, Anda tidak diperbolehkan keluar rumah kecuali untuk kepentingan yang bnar-benar urgent.

Itulah beberapa aturan berkendara yang perlu Anda ketahui selama Indonesia darurat Corona. Tetap jaga ksehatan dengan gaya hidup bersih dan sehat, ya.

SUMBER

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait