Cara cepat Mengurangi Resiko Keracunan Makanan

Share
By Staff PKK April, 10 2016 Tips Siaga Bencana
Cara cepat Mengurangi Resiko Keracunan Makanan

Keracunan makanan bisa terjadi kepada siapa aja, baik orang dewasa ataupun anak anak. keracunan makanan biasanya timbul karena makanan yang di konsumsi sudah terkontaminasi Virus, Bakteri dan parasit. Keracunan makanan juga bisa timbul akibat kimia atau racun alami seperti jamur. Secara umum keracunan makanan dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain mengonsumsi makanan yang telah kadaluarsa.

Dampak keracunan makana bisa langsung di rasakan oleh tubuh. setelah mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi, ada beberpa tanda yang dirasakan seperti, Diare, Sakit Perut seperti kram, mual, muntah, pusing di sertai demam dan dehidrasi. Dampak ini ada yang ringan dan juga besar. dalam mengatasi keracunanan makanan kita perlu penanganan yang cepat. Dalam mengatasi orang yang keracunan kita bisa melakukan pertolongan yang sederhana sebelum di bawa ke Rumah sakit. Kita juga bisa memberikan Air putih secukupnya untuk, air berfungsi untuk menghilangkan racun dalam tubuh, selain itu juga ada beberapa minuman yang berfungsi untuk mengurangi resiko keracunan makanan.

Cara Mengurangi Resiko Keracunan Makanan

Cuka Apel

Cuka apel bisa meringankan gejala keracunan dalam tubuh. hal tersebut karena cuka apel memiliki Efek alkali dalam tubuh. jika ada seseorang keracunan makanan, kita bisa berikan dua sampai tiga sendok makan cuka apel untuk mengobati keracunan makanan

Jahe

Jaha juga mampu mengurangi resiko keracunan makanan, jahe hangat yang di campur madu bisa mengurangi peradangan pada perut. Hal ini bisa di berikan terhadap orang yang terkena keracunan makanan

Yoghurt

Yogurt memiliki sifat antibakteri dan anti mikroba yang membantu melawan bakteri penyebab keracunan makanan. Minum yoghurt untuk mengurangi rasa sakit karena keracunan makanan.

Lemon

Lemon memiliki kandungan Anti-inflamasi, antivirus, dan sifat antibakteri sehingga cocok di berikan kepada orang yang terkena keracunan makanan. Asam lemon juga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan keracunana makanan. minum tiga kali sehari untuk mengurangi resiko keracunan.

Oralit

Jika penderita keracunan timbul efek diare maka bisa anda berikan Oralit. Oralit berfungsi menggantikan glukosa, garam, dan mineral penting lain yang hilang akibat muntah dan diare.

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait