Cara Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Share
By Webmaster January, 07 2017 Tips Siaga Bencana
Cara Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Fenomena kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi di Indonesia hampir setiap tahunnya memang menjadi perhatian banyak pihak. Bagaimana tidak, akibat kejadian tersebut kerugian yang ditimbulkan pun cukup besar. Kerugian dari sektor ekonomi seperti banyak aktifitas yang harus dihentikan dan juga memaksa warga terdampak untuk tidak beraktifitas diluar rumah. Sementara itu, kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan menimbulkan masalah kesehatan, seperti masyarakat rentan terkena penyakit gangguan pernapasan dan juga akan menyebabkan iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta menyebabkan reaksi alergi, peradangan dan juga infeksi.

Kebakaran hutan terjadi akibat ulah manusia. Dampaknya, banyak masyarakat yang harus terkena imbasnya karena ulah manusia tidak bertanggung jawab. Mencegah hutan dari kebakaran merupakan hal penting yang harus diketahui oleh warga dan juga petugas yang berada di wilayah sekitar hutan. Sebab, bukan tidak mungkin hanya karena hal sepele bisa terjadi kebakaran hutan dan menyebabkan kerusakan ekosistem yang fatal. Dan berikut adalah tips mencegah kebakaran hutan dan lahan

Tips Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Memberikan peringatan

Masih banyak warga yang tinggal disekitar hutan yang masih belum mempunyai pengetahuan yang memadai tentang hutan dan menyebabkan kerusakan ekosistem yang fatal. Masih banyak warga yang membakar rumput saat musim kemarau yang disertai angin kencang. Sehingga penyebaran api akan mudah dan meluas. Sehingga memang perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat di sekitar hutan untuk tidak membakar rumput dan puing puing.

Melakukan aktivitas pembakaran minimal dengan jarak yang telah ditentukan

Seperti diketahui, Jarak minimal yang harus diperhatikan untuk melakukan pembakaran terhadap sampah atau puing-puing adalah minimal 50 kaki dari bangunan dan 500 kaki dari hutan. Hal tersebut harus bisa diterapkan oleh warga yang ingin membakar rumput di area hutan.

Pastikan api sudah mati

Sebelum warga pergi meninggalkan tempat pembakaran, sangat disarankan untuk membersihkan area tersebut dari bahan bahan yang mudah terbakar.

Hindari membakar ketika cuaca berangin

Angin kencang menjadi faktor utama kebakaran hutan semakin meluas. Api akan semakin kencang dan besar dan tentu ini sangat berbahaya

 

Sumber : DISDUKCAPIL KABUPATEN LIMAPULUHKOTA 

Sumber gambar : http://kabarokutimur.com/wp-content/uploads/2016/09/Ilustrasi-Kebakaran-Hutan-dan-lahan.jpg

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait