Cara Mencegah Kebakaran pada Musim Kering

Share
By Staff PKK November, 24 2016 Tips Siaga Bencana
Cara Mencegah Kebakaran pada Musim Kering

Musim kering identik dengan suasana yang terik dan panas, selain berdampak pada kehidupan, musim panas terkadang menimbulkan permasalahan di lingkungan sekitar seperti kebakaran baik karena sampah atau karena tidak bijak dalam penggunaan listrik. Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran di musim Kering/Kemarau? Berikut adalah poin poin pentingnya :

1. Saat musim kering lebih baik tidak melakukan pembakaran sampah, saat musim kering tentu cuaca yang terik akan membuat alang alang menjadi sangat cepat kering dan mudah terbakar. Membakar sampah sendiri bisa menyebabkan alang alang mudah terbakar dan api dari pembakaran ini bisa cepat membesar dan menyebar.

2. Selalu bijak dalam menggunakan listrik. Selalu perhatikan kondisi rumah anda apabila terdapat listrik yang tidak terpakai agar dimatikan untuk menghemat listrik dan mencegah terjadinya kelebihan beban. Apabila anda bepergian jauh sebaiknya listrik yang terhubung ke stop kontak agar segera dicabut, matikan saklar listrik. Lebih baik matikan lampu selamat bepergian.

3. Jika pergi lama agar melapor ke keamanan setempat. Jika anda ingin melakukan perjalanan yang lama, agar memberitahukan kepada keamanan setempat tujuannya agar pihak keamanan lebih memperhatikan rumah anda dan pastikan anda meninggalkan kontak anda kepada pihak keamanan agar jika saja terjadi sesuatu dengan rumah anda, maka pihak keamanan bisa lebih mudah menghubungi.

4. Hindari pemasangan portal di lingkungan perumahan. Hal ini agar proses pemadaman saat kebakaran lebih mudah dilakukan karena mobil pemadam tidak terhalang portal.

http://arperpus.balikpapan.go.id/detail/artikel/9/tips-mencegah-kebakaran-di-musim-kemarau

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait