Cara Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Tanah Longsor

Share
By Webmaster January, 10 2017 Tips Siaga Bencana
Cara Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Tanah Longsor

Bencana alam seperti tanah longsor merupakan salah satu bencana yang cukup mematikan. Ya, bagaimana tidak, dampak yang terjadi akibat bencana ini cukup besar. Tanah longsor bisa merusak infrastruktur, menimbun bangunan dan juga menimbulkan korban jiwa. Oleh sebab itu bencana ini perlu diantisipasi.

Tanah longsor biasanya terjadi karena tanah yang melonggar karena hujan lebat. Tapi tanah longsor tidak selalu tergantung pada curah hujan, mereka dapat terjadi setelah hujan ringan, atau bahkan ketika belum ada hujan sama sekali. terjadinya tanah longsor tergantung pada penumpukan dan  ketidakstabilan tanah di lereng dan sekali kekuatan gravitasi mengatasi kekuatan memegang tanah di tempat atau spot tanah longsor dimulai.

Bagi masyarakat yang tinggal didaerah rawan longsor seperti yang bermukim di daerah lereng dan pegunungan perlu mewaspadai ini. Sebab bencana tanah longsor bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi, sehingga kewaspadaan memang perlu ditingkatkan.

Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Tanah Longsor

  • Bagi masyarakat yang tinggal dikawasan perbukitan dan pegunungan perlu mengantisipasi bencana tanah longsor terutama saat musim hujan. curah hujan yang tinggi akan memicu terjadinya longsor sewaktu waktu.
  • Ketika hujan lebat mengguyur dan terdengar suara gemuruh yang tidak biasa, maka anda harus segera mencari tempat aman . sebab kondisi tersebut akan terjadinya tanah longsor karena sudah ada pergerakan tanah. Dan itu merupakan tanda tanda tebing akan longsor.
  • Minta bantuan kepada instansi terkait untuk melakukan evakuasi dan juga pemindahan penduduk ketempat yang lebih aman.
  • Jangan panik dan tetap siaga. Apapun bencana yang Anda hadapi kewaspadaan dan kesiapsiagaan akan banyak menolong Anda dan kerabat

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait