Cara Mudah Agar Banjir Tidak Masuk Rumah

Share
By Webmaster November, 23 2017 Tips Siaga Bencana
Cara Mudah Agar Banjir Tidak Masuk Rumah

Banjir merupakan salah satu bencana yang sering terjadi saat musim hujan. Hampir beberapa daerah di Indonesia sering menjadi langganan banjir. Di Kota besar seperti Jakarta, banjir sering kali terjadi ketika beres hujan. Banjir yang terjadi tentu akan sangat merepotkan, apalagi jika air banjir masuk kedalam rumah. Oleh sebab itu, kita harus bisa mengantisipasi banjir agar airnya tidak masuk kedalam rumah. Dan berikut adalah cara agar banjir tidak masuk kedalam rumah.

Tips banjir tidak masuk kedalam rumah

  • Membuat biopori atau sumur resapan
    Salah satu penyebab banjir adalah karena air dipermukaan tidak sepenuhnya meresap kedalam tanah. Oleh sebab itu untuk membuat air meresap kedalam tanah adalah dengan membuat sumur resapan atau lubang biopori dirumah. Biopori merupakan lubang-lubang kecil yang dibuat di tanah agar air tidak menggenang di permukaan. Saat ini dipasaran sudah tersedia alat bantu membuat biopori yang berbentuk seperti bor tanah.

  • Menguruk Tanah
    Jika rumah anda berada lebih rendah dari permukaan jalan, anda harus menguruk tanah disekeliling rumah anda. Namun kita juga harus tetap mempertimbangkan level lantai rumah anda. Jika anda tidak ingin menimbun semua halaman rumah anda, anda bisa membuatkan sebuah tanggul dipekarang rumah yang agak tinggi. Hal tersebut untuk menghindari air masuk ke pekarangan rumah anda.
  • Meninggikan lantai rumah
    Meninggikan lantai rumah memang menjadi solusi jitu untuk mencegah banjir masuk kedalam rumah. Namun langkah ini membutuhkan biaya besar. Kita harus mencermati banyak hal seperti, tinggi plafon, utilitas dibawah lantai dan masih banyak renovasi lainnya. Sebab meninggikan rumah sama seperti melakukan renovasi.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait