Cara Penanganan Bencana Gelombang Pasang

Share
By Staff PKK June, 15 2016 Tips Siaga Bencana
Cara Penanganan Bencana Gelombang Pasang

Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai tentu bencana gelombang pasang menjadi ancaman. bencana gelombang pasang bisa terjadi sewaktu waktu. Gelombang pasang sendiri merupakan gelombang air laut yang melebihi batas normal sehingga bisa menimbulkan bahaya baik di laut maupun di darat. Biasanya gelombang pasang ini terjadi karena adanya angi kencang, perubahan cuaca yang begitu cepat dan karena mendapatkan pengaruh dari gravitasi bulan atau matahari. Gelombang pasang memiliki kecepatan 10-100 Km/jam.

Gelombang pasang memiliki dampak dan kerugian yang cukup besar. gelombang pasang sangat berbahaya bagi kapal kapal yang sedang berlayar. Jika terjadi gelombang pasang di laut akan menyebabkan tersapunya daerah pinggir pantai atau disebut dengan abrasi. Beberapa kejadian di indonesia, gelombang pasang menyapu daratan. Air dari gelombang pasang naik ke daratan hal ini menjadi kekhawatiran bagi masyarakat.

Penanganan Bencana Gelombang Pasang

  1. Mengantisipasi masyarakat dengan memberikan peringatan dini kepada masyarakat dari data hasil prakiraan cuaca melalui Radio atau alat komunikasi dan penyampaian informasi lainnya.
  2. Bagi para pelayar, hindari daerah yang sedang mengalami cuaca buruk atau jangan dulu berlayar saat cuaca laut sedang ekstream.
  3. Mempersiapkan tempat pengungsiaan apabila terjadi gelombang pasang di pesisir pantai
  4. Membuat infrastruktur pemecah ombak untuk mengurangi energi gelombang yang datang terutama di daerah pantai yang bergelombang besar.
  5. Tetap tenang jika terjadi gelombang pasang di tengah laut maupun di pinggir pantai

 

 

Sumber : http://bpbdserang01.page4.me/74.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait