Cegah Covid-19 dengan CMJ

Share
By Webmaster August, 28 2020 ARTIKEL COVID-19
Cegah Covid-19 dengan CMJ

Pandemi kali ini terjadi sangat panjang bahkan sampai tahap membosankan. Banyak orang yang lalai terhadap protokol kesehatan dan lebih suka untuk mementingkan hawa nafsunya untuk berkegiatan secara normal seperti dahulu kala.

Hal ini tentu sangat membahayakan diri dan juga orang lain. Penyebaran virus corona menjadi lebih cepat terjadi dan juga akan memperlambat selesainya pandemi. Semuanya akan berakhir jika kita semua dapat bergotong-royong dalam pencegahan penularan dengan baik dan benar.

Bagaimana caranya? Lakukan kegiatan CMJ atau cuci tangan, masker, dan Jaga jarak yang akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Cuci Tangan Pakai Sabun
    Yang pertama adalah sering-sering lah cuci tangan. Cuci tangan benar yaitu dengan 5 langkah cuci tangan, pakai sabun (jika bisa pakai lah sabun cair), dan gunakan air mengalir, jangan lupa juga untuk membersihkan kran air karena bisa jadi setelah Anda cuci tangan akan terkontaminasi virus atau bakteri yang menempel pada tuas keran. Cuci tangan berfungsi untuk membersihkan tangan dari kontaminasi virus yang jika tidak sengaja Anda memegang area wajah seperti mata, hidung, dan mulut yang menjadi pintu masuk virus yang baik, menjadi lebih aman. Tetapi tetap hindari untuk menyentuh area muka sebagai salah satu pencegahan paling utama.
  2. Masker Dipakai Saat ke Luar Rumah
    Pakai masker saat ke luar rumah ANDA, namun jika Anda berada di dalam rumah orang lain yang belum tentu ia sehat jangan lepas masker Anda. Gunakan masker dengan tepat yaitu menutup mulut dan hidung. Gunakan masker kain saat sehat dan gunakan masker medis saat Anda merasa sakit. Jangan gunakan di dagu, lebih baik lepas secara keseluruhan. Pakai masker minimal 3 ply, dan ganti setiap 4 jam sekali.
  3. Jaga Jarak Minimal untuk Lakukan Pembatasan Fisik
    Lakukan jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter. Hal ini dikarenakan masker tidak cukup efektif untuk mencegah penularan virus oleh karena itu harus diimbangi dengan menjaga jarak aman agar tidak terkena droplet.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait