Curah Hujan Tinggi, Waspadai Banjir dan Longsor

Share
By Staff PKK October, 21 2016 Info Penting

Bencana banjir dan longsor merupakan bencana yang sering melanda Indonesia. Hampir setiap musim hujan selalu dilanda bencana ini. hal tersebut karena Indonesia termasuk negara yang memiliki kerentanan bencana alam cukup tinggi karena letak Indonesia yang berada diantara tiga Lempeng bumi sehingga potensi bencana sangat rawan terjadi. saat ini Masyarakat perlu mewaspadai terhadap bencana banjir dan tanah longsor sebab curah hujan tinggi sudah melanda berbagai wilayah Indonesia.

intensitas hujan yang tinggi akan menjadi pemicu terjadinya banjir dan tanah longsor. berdasarkan data Pusat Krisis Kesehatan, Selama Periode September hingga Oktober 2016 (Per tanggal 21 Oktober) terdapat 43 Kejadian banjir dan Tanah longsor. kejadian paling tinggi terdapat di Jawa Timur dengan 14 Kejadian. oleh sebab itu masyarakat perlu waspada dan mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor. hingga saat ini curah hujan lebat masih sering terjadi sehingga ancaman bencana ini sangat tinggi.

Daerah yang memiliki kerentanan bencana sangat perlu mewaspadai potensi bencana yang bisa terjadi sewaktu waktu. sehingga perlu adanya upaya pencegahan dan Mitigasi bencana sejak dini sehingga dampak bencana bisa diminimalisir. Setiap kali banjir terjadi akan menimbulkan permasalahan seperti, merendam pemukiman warga, merusak infrastruktur, mengganggu aktifitas masyarakat, menimbulkan masalah kesehatan, menyebabkan korban jiwa hingga menimbulkan kerugian ekonomi.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait