Erupsi Gunung Egon

Share
By Eko Mediastianto January, 20 2016 Info Penting
ERUPSI GUNUNG EGON

Gunung Egon yang berlokasi di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur kembali mengalami aktivitas vulkanik. Aktivitas vulkanik yang terus meningkat sejak Hari Selasa, 12 Januari 2016, mengakibatkan  Aktivitas vulkanik Gunung Egon di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur terus meningkat sehinggaPusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Egon dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III). Kenaikan status Siaga berlaku mulai Rabu, 13 Januari 2016, pukul 06.00 Wita.

PVMBG memberikan rekomendasi untuk memperluas radius yang harus dikosongkan, yang semula radius 1,5 km menjadi 3 km, sehingga masyarakat yang tinggal di Desa Egon Gahar harus dievakuasi karena berpotensi terkena awan panas, abu vulkanik pekat, dan lontaran batu pijar jika terjadi erupsi.

Dampak dari meningkatnya status Gunung Egon, sebanyak 1.840 jiwa penduduk Desa Egon Gahar harus diungsikan di Kantor Camat Natitara dan Kantor Desa Natacolle.

Upaya-upaya penanggulangan krisis kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka antara lain berupa menyiagakan puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan, mempersiapkan logistik kesehatan  seperti obat, MP ASI dan masker. 

Selain itu koordinasi juga dilakukan dengan BPBD Kabupaten Sikka, dan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan untuk pemenuhan kebutuhan logistik kesehatan.

Sumber Foto : www.regional.warta.com

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait