Hal yang Perlu di Lakukan Ketika Terjadi Gempa Bumi

Share
By Webmaster December, 10 2017 Tips Siaga Bencana
Hal yang Perlu di Lakukan Ketika Terjadi Gempa Bumi

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kerentanan bencana gempa bumi cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan wilayah Indonesia berada pada tiga lempeng dunia. Hal tersebut membuat Indonesia lebih rawan dan sering terjadi gempa bumi dibandingkan dengan negara lainnya. Oleh sebab itu masyarakat harus waspada terhadap gempa bumi. Tercatat Indonesia sudah beberapa kali dilanda gempa besar yang menimbulkan kerusakan bahkan menimbulkna korban jiwa.

Bencana gempa bumi tidak bisa diprediksi oleh masyarakat. Gempa bisa terjadi kapan saja, ketika kita sedang tidur atau bahkan sedang beraktifitas gempa bisa saja terjadi. Ada baiknya kita sudah membekali diri ketika terjadi gempa hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko dari bencana gempa bumi.

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan ketika terjadi gempa :

  1. Tetap tenangkan diri dan jangan panik ketika terjadi gempa bumi. Jika anda berada didalam rumah, anda bisa keluar untuk menyelamatkan diri lalu cari tempat aman yang jauh dari bangunan dan pohon. Atau anda juga bisa berlindung di bawah meja dan lindungi kepala dengan tas atau tangan. Usahakan untuk tidak berada dekat dengan lemari atau barang pecah belah. Lalu keluar jika getaran gempa sudah tidak terasa.
  2. Ketika anda berada didalam gedung, secepatnya keluar dari dalam gedung. gunakan tangga darurat sebagai jalur penyelamatan diri dan jangan menggunakan lift. Anda harus sudah mengetahui tangga dadurat dan jalur evakuasi, sehingga bisa langsung tahu tempat untuk menyelamatkan diri ketika terjadi gempa.
  3. Jika anda berada diluar ruangan saat gempa. Anda harus mewaspadai bangunan, pohon tinggi. Hindari berada di dekat tiang-tiang tinggi karena sangat berbahaya jika rubuh dan menimpa orang yang ada di bawahnya
  4. Ketika getaran gempa sudah tidak terasa. Ada baiknya anda mewaspadai gempa susulan. Getaran yang terjadi pada gempa susulan terkadang lebih besar dari gempa pertama. Cari tahu informasi gempa yang terjadi melalui siaran radio lokal sehingga anda bisa mengetahui kondisi yang sedang terjadi

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait