Hindari Tanah Longsor Dengan Cara Cara Berikut

Share
By Staff PKK November, 22 2016 Tips Siaga Bencana
Hindari Tanah Longsor Dengan Cara Cara Berikut

Tanah longsor biasanya terjadi didaerah yang memiliki lereng lereng dengan kemiringan yang cukup tinggi. Tetapi tanah longsor juga bisa terjadi di tanah yang datar, meski kemungkinannya sangat kecil. Tanah longsor adalah kejadian yang rentan berpotensi menimbulkan kerusakan dan korban jiwa. Untuk itu perlu langkah langkah pencegahan yang bisa dilaksanakan oleh kita mencegah terjadinya tanah longsor di sekitar anda.

  1. Tidak Membuat Kolam atau Sawah diatas Lereng

Membuat kolam atau sawah diatas lereng adalah perbuatan yang bisa menimbulkan tingginya peluang terjadinya tanah longsor. Jika dibuat sawah diatas lereng maka akan tercipta kolam air yang bisa menimbulkan daya hidrostatika sehingga bisa menimbulkan potensi gerakan tanah yang bisa tergeser dan bisa menimbulkan terjadinya longsor.

  1. Tidak Membangun Rumah di Daerah Tebing

Pilihlah tempat yang aman saat membangun rumah, apabila lokasi pembuatan rumah letaknya di perbukitan, maka pilihlah lokasi yang aman sehingga daerah rumah yang akan dibangun jauh dari potensi bongkahan longsor.

  1. Tidak Menebang Pohon di Sekitar Lereng

Menebang pohon di sekitar lereng atau tebing bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor. Semakin banyak pohon akan semakin kuat dan stabil tanah yang ditanami. Akar akar pohon tersebut bisa menyebar dan bersinggungan

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait