Jenis Jenis Tanah Longsor

Share
By Webmaster August, 17 2017 Info Penting
Jenis Jenis Tanah Longsor

Pergerakan tanah atau biasa dikenal dengan sebutan tanah longsor adalah sebuah bencana yang disebabkan oleh peristiwa geologi karena adanya gerakan masa tanah atau batuan dengan berbagai macam tipenya dan bisa terjadi karena beberapa faktor seperti jatuhnya bebatuan serta adanya gumpalan tanah

Bencana tanah longsor bukan lah bencana yang asing di Indonesia, tercatat beberapa kali Indonesia dilanda bencana ini, dan beberapa diantaranya tanah longsor besar yang banyak menimbulkan korban jiwa. Tanah longsor umumnya terjadi karena dua faktor, yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu.

Faktro pendorong yaitu faktor yang mempengaruhi tanah itu sendiri, sementara itu faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan material tanah bergerak. Tanah longsor umumnya terjadi dikawasan pegunungan, perbukitan dan juga diwilayah yang memiliki ketinggian curam. Longsor terbagi menjadi 6 jenis. Dan berikut adalah penjelasannya.

Jenis Tanah Longsor

  1. Longsoran Translasi

Longsoran translasi merupakan longsor yang terjadi karena adanya pergerakan massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk rata atau menggelombang landai. Jenis longsoran ini paling banyak terjadi di Indonesia.

  1. Longsoran rotasi

Longsoran rotasi adalah pergerakan massa tanah dan batuan pada bidang gelincir berbentuk cekung. Umumnya terjadi diwilayah perbukitan.

  1. Pergerakan blok

Pergerakan blok merupakan jenis longsoran yang disebabkan oleh perpindahan batuan yang bergerak pada bidang gelincir berbentuk rata. Longsor ini juga biasa dikenal dengan longsor transalasi blok batu.

  1. Runtuhan batu

Longsor jenis ini terjadi karena adanya sejumlah batu dan material batu yang jatuh kearah bawah dengan jumlah banyak, Umumnya terjadi pada lereng yang terjal terutama di daerah pantai.

  1. Rayapan tanah

Rayapan tanah adalah jenis tanah longsor yang bergerak lambat. Jenis tanahnya berupa butiran kasar dan halus. Setelah waktu yang cukup lama longsor jenis rayapan ini bisa menyebabkan tiang-tiang telepon, pohon, atau rumah miring ke bawah.

  1. Aliran bahan rombakan

Longsor ini terjadi karera massa tanah bergerak didorong oleh air. Biasanya terjadi di sepanjang lembah dan mampu mencapai ratusan meter. Kecepatan longsoran ini dipengaruhi oleh kemiringan tanah itu sendiri

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait