Kegiatan Table Top Exercise (TTX) dalam Penerapan Manajemen Penanggulangan Krisis Kesehatan di Aceh, 7-8 September 2016

Share
By Staff PKK September, 07 2016 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Kegiatan Table Top Exercise dalam Penerapan Manajemen Penanggulangan Krisis Kesehatan di 3 Kab/Kota, 7-8 September 2016

Pengurangan risiko bencana di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan aspek berkelanjutan dan partisipasi dari semua pihak terkait. Upaya ini dilakukan dengan komitmen yang kuat dengan mengedepankan tindakan-tindakan yang harus diprioritaskan. Penyusunan prioritas ini perlu dilakukan untuk membangun dasar yang kuat dalam melaksanakan upaya pengurangan risiko bencana yang berkelanjutan serta mengakomodasikan kesepakatan internasional dan regional dalam rangka mewujudkan upaya bersama yang terpadu.

Pusat Krisis Kesehatan sebagai koordinator klaster kesehatan, telah melakukan upaya pengurangan risiko bencana bidang kesehatan sejak tahun 2015 dan akan terus dilakukan sampai dengan 2019 sesuai dengan Renstra Pusat Krisis Kesehatan tentang 34 Kabupaten/Kota Rawan Bencana. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan mulai dari assesment kapasitas daerah dalam penerapan manajemen penenggulangan krisis, pendampingan penyusunan peta respons dan peta kapasitas daerah, pendampingan penyusunan rencana kontinjensi bidang kesehatan, table top exercise, dan geladi.

Table Top Exercise adalah simulasi yang dirancang untuk menguji kemampuan teoritis dari suatu kelompok untuk menanggapi situasi. Salah satu keuntungan besar Table Top Exercise adalah dapat memungkinkan orang untuk menguji suatu situasi hipotesis tanpa menimbulkan gangguan di masyarakat. Table Top Exercise (TTX) merupakan kegiatan latihan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dan para pemangku kepentingan untuk kesiapsiaagan menghadapi bencana.

Tujuan kegiatan TTX penerapan manajemen penanggulangan krisis kesehatan, adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan daerah dalam penanggulangan krisis kesehatan sesuai dengan SOP yang berlaku.
  2. Berbagi informasi tentang prosedur monitoring penanggulangan krisis kesehatan yang biasa dilakukan atau prosedur yang ada saat ini, serta prosedur penyampaian informasi antar pihak terkait.

Kali ini kegiatan Table Top Exercise (TTX) diadakan di 3 kabupaten/kota di Aceh, tepatnya di kab. Aceh Jaya, Aceh Timur dan Aceh Barat yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 September 2016. Peserta dari kegiatan ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan, Rumah Sakit dan Puskesmas. Sedangkan narasumber hadir dari Pusdikes TNI AD, Dinas Kesehatan Provinsi dan Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes. Berikut dibawah ini adalah foto bersama para hadirin dari masing masing 3 kabupaten tersebut :

Foto Bersama para Peserta TTX di Aceh Barat

 

 

Foto Bersama para Peserta TTX di Aceh Barat

 

 

Foto Bersama para Peserta TTX di Aceh Timur

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait