Kiat Sebelum Terjadi Gempa Bumi

Share
By Webmaster August, 21 2020 Tips Siaga Bencana
Kiat Sebelum Terjadi Gempa Bumi

Kiat Sebelum Terjadi GempabumiIndonesia merupakan salah satu negara yang sangat rawan akan terjadinya Gempabumi, bahkan Gempabumi sendiri sering terjadi dan tidak jarang pula yang menyebabkan kerusakan dan juga kerugian besar dan yang paling mengerikan adalah hilangnya banyak nyawa setelah terjadi Gempabumi tersebut. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan kapan saja Gempabumi datang agar tidak banyak kerugian yang berarti. Berikut hal-hal yang perlu Anda tahu:

Pengertian Gempabumi

Gempabumi merupakan suatu getaran yang terjadi di muka bumi karena adanya pelepasan energi yang terjadi secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang sistemis. Gempabumi dapat disebabkan karena adanya pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi.

Cara Mempersiapkan Sebelum Terjadi Gempabumi

  1. Kenali Pengertian Gempabumi dengan Baik dan Benar
    Kunci utama dari persiapan sebelum terjadi Gempabumi adalah mengenai pengertian dari Gempabumi itu sendiri. Pastikan struktur dan juga letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh Gempabumi seperti tanah longsor atau liquection. Evaluasi dan juga lakukan renovasi terhadap struktur bangunan Anda.
  2. Kenali Lingkungan Tempat Anda Bekerja
    Di dalam lingkungan kerja Anda juga harus mempersiapkannya dengan memperhatikan di mana letak pintu, lift, dan tangga darurat. Jika sampai terjadi Gempabumi maka Anda sudah mengetahui di mana tempat yang paling aman untuk berlindung. Jangan lupa untuk selalu belajar melakukan P3K, menggunakan pemadam kebakaran, catat nomor telepon penting yang bisa dihubungi saat terjadi Gempabumi seperti polisi, RT, RW, Dinas kesehatan, dll.
  3. Lakukan Persiapan Rutin Pada Tempat Kerja dan Tempat Tinggal
    Lakukan pengikatan atau fiksasi lemari, kabinet, dan barang berat lainnya di dinding. Simpan bahan yang mudah terbakar dengan tepat, matikan air, gas, listrik, dll. saat tidak digunakan
  4. Penyebab Utama saat Gempabumi adalah Kejatuhan Material
    Aturlah benda berat sedapat mungkin di bawah, cek kestabilan benda yang tergantung misalnya adalah lampu gantung agar ketika terjadi guncangan tidak jatuh dan menimpa manusia.
  5. Alat yang Selalu Sedia
    Jangan lupa siapkan kotak P3K, senter, lampu baterai radio, makanan, suplemen, dan air.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait