Konservasi Tanah Dengan Tanaman Akar Wangi Untung Mengurangi Erosi

Share
By Staff PKK August, 16 2016 Info Penting
Konservasi Tanah Dengan Tanaman Akar Wangi Untung Mengurangi Erosi

Pengendalaian Erosi harus dengan cepat dilakukan terutama di lahan miring dan berlereng karena semakin curam lereng akan mengakibatkan semakin cepat kecepatan air permukaan dan semakin besar peluang terjadinya erosi. Salah satu langkah yang di perlukan untuk mencegah terjadinya erosi adalah dengan melakukan konservasi tanah. Konservasi tanah merupakan langkah yang perlu di ambil untuk mencegah meluasnya erosi. Yang dilakukan saat melakukan konservasi tanah adalah dengan Menggunakan mulsa untuk menutupi permukaan tanah, dan Mengatur aliran permukaan sehingga tidak merusak tanah.

Banyak cara untuk bisa melakukan konservasi salah satunya adalah dengan cara Vegetatig, cara vegetatif adalah cara konservasi tanah dengan memanfaatkan tanaman agar tanah terhindar dari air hujan dan aliran permukaan. Hal ini disebabkan permukaan tanah yang terbuka tanpa tanaman diatasnya sangat mudah erosi. Tanaman yang di manfaatkan untuk konservasi adalah Tanaman Akar wangi. tanaman Akar Wangi adalah memiliki kemampuan untuk mengkonservasi tanah dan air kareana akarnya yang kuat, lebat, dan dalam. Untuk wilayah perbukitan maupun pegunungan, akar wangi dapat ditanam seperti pagar hidup dengan jarak tanam maksimal 20 x 20 cm. Hal ini digunakan untuk mengurangi laju erosi.

Tanaman akar wangi sangat berfungsi untuk menahan laju erosi, karena tanaman akar wangi tidak dilakukan pemangkasan hanya di biarkan berkembang sehingga rumpunnya akan tumbuh besar dan rapat. Sehingga sangat efektif untuk menahan erosi. Di beberapa negara sudah menggunakan akar wangi untuk mengatasi permasalahan erosi, seperti di India, India menggunakan Tanaman akar wangi untuk menahan erosi. Cara penanaman dengan sistem pagar dan melintang di lereng. Jarak antar tanaman disesuaikan dengan kemiringan lereng. Dengan cara seperti ini maka lahan diantara tanaman Akar Wangi dapat ditanami tanaman semusim. Sehingga terjadinya erosi bisa di minimalisir, hal ini tentu perlu semakin di tingkatkan lagi di Indonesia sehingga akan mengurangi dampak erosi yang di timbulkan.

 

 

 

http://cybex.pertanian.go.id/materipenyuluhan/detail/10705/mengurangi-laju-erosi-melalui-konservasi-tanah-dan-air-dengan-tanaman-akar-wangi-dan-beberapa-deskripsi-varietas-unggul-akar-

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait