Kunjungan World Health Organization (WHO) Headquarters dan SEARO ke Pusat Krisis Kesehatan

Share
By Julianto Prabowo May, 05 2019 Info Penting
Kunjungan World Health Organization (WHO) Headquarters dan SEARO ke Pusat Krisis Kesehatan

Pada tanggal 5 Mei 2019, World Health Organization (WHO) Headquarters dan SEARO melakukan kunjungan ke Pusat Krisis Kesehatan (PKK). Rombongan ini terdiri dari Dr. Ian Norton (EMT Technical Officer WHO HQ Geneva), Dr. Arturo Pesigan (Emergency Management and Operations (EMO) Program Manager WHO SEARO Delhi), Dr. Kai Von-Harbou (Technical Officer for EMT WHO SEARO), dr. John Prawira (Consultant for EMT WHO SEARO), Dr Rim Kwang Il - (WHO Team Leader WHO Indonesia Country Office), dan Gde Yulian Yogadhita (National Officer For Emergency WHO Indonesia). Kunjungan ini merupakan undangan Kepala Pusat Krisis Kesehatan, dr. Achmad Yurianto untuk melihat kegiatan dan fasilitas Health EOC di Pusat Krisis Kesehatan disela sela kegiatan EMT national accreditation technical working group di Jakarta.

Pada kesempatan ini Kepala Pusat Krisis Kesehatan didamping Kepala Bidang Evaluasi dan Informasi dr. Ira Cyndira Tresna, M.I.Kom, beserta staf menjelaskan tentang Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan (termasuk sistem yang berbasis Android), peran PKK dalam kerangka klaster kesehatan nasional untuk berkoordinasi dengan lintas program dan lintas sektor dalam penanggulangan krisis kesehatan di Indonesia, serta penerapan konsep EMT di Indonesia. PKK juga menjelaskan peran PKK dalam mendampingi Dinkes Provinsi dan Dinkes Kabupaten/Kota terdampak pada saat krisis kesehatan terjadi.

Di akhir kunjungan rombongan yang diwakili Dr. Ian Norton mengutarakan apresiasinya terhadap peran PKK dalam penanggulangan krisis kesehatan serta fasilitas Health EOC yang ada. Apresiasi ini juga ditujukan pada Sistem Informasi Penanggulangan Krisis Kesehatan termasuk sistem berbasis Android yang dapat digunakan oleh petugas kesehatan dan relawan untuk memudahkan pelaporan kejadian krisis kesehatan di lapangan. kunjungan ini diakhiri dengan foto bersama.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait