Langkah yang Dilakukan saat Terjadi Gempabumi

Share
By Webmaster August, 22 2020 Tips Siaga Bencana
Langkah yang Dilakukan saat Terjadi Gempabumi

Gempabumi tidak bisa diprediksi sebelumnya, tidak seperti hujan padahal Indonesia termasuk negara yang sering kali mengalami Gempabumi. Oleh karena itu, di bawah ini akan di bawah ini akan dibahas secara lengkap mengenai beberapa hal yang harus Anda lakukan jika terjadi Gempabumi. Perhatikan baik-baik dan ingat-ingat secara detail sehingga jika terjadi Gempabumi Anda tahu bagaimana cara mengatasinya:

  1. Jika Anda Berada di dalam Bangunan
    Jika Anda berada di dalam bangunan lindungi kepala Anda dari berbagai reruntuhan bangunan agar tidak terjadi suatu trauma fisik berupa benturan. Anda bisa bersembunyi di bawah meja atau cari tempat yang aman dari reruntuhan. Jika tempat Anda dekat dengan ruangan terbuka segera lari ke luar jika memungkinkan untuk mengurangi risiko tertimpa reruntuhan material atau tertimpa bangunan.
  2. Jika Anda Berada di Luar Bangunan atau Area Terbuka
    Jika Ana berada di area terbuka segera lari ke tempat yang lapang dan hindari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk melihat keadaan di bawah, hindari jika terjadi rekahan tanah.
  3. Jika Anda sedang Mengendarai Mobil
    Apabila Anda berada di mobil segera turun dan jauhi mobil Anda jika terjadi suatu pergeseran atau kebakaran, selanjutnya Anda bisa menerapkan pencegahan yang bisa Anda lakukan di area terbuka seperti pada poin sebelumnya di atas.
  4. Jika Anda Berada di Pantai
    Jika Anda berada di pantai, jangan tunggu aba-aba langsung lari menjauhi pantai untuk menghindari adanya tsunami. Karena gempa sendiri merupakan salah satu awal terjadinya tsunami sehingga Anda harus segera menyelamatkan diri.
  5. Jika Anda tinggal di Daerah Pegunungan
    Apabila Gempabumi terjadi di daerah Anda yaitu di pegunungan maka Anda harus mengetahui struktur tanah di sana. Hindari tanah yang kira-kira bisa longsor akibat guncangan. Cari tempat yang memiliki struktur tanah yang kuat sehingga Anda selamat dari gempa dan juga tanah longsor yang akan terjadi.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait