Leptospirosis Perlu Di Waspadai Pasca Banjir

Share
By Staff PKK June, 30 2016 Info Penting
Leptospirosis Perlu Di Waspadai Pasca Banjir

Semakin meningkatnya curah hujan, bencana banjir perlu sangat di waspadai. Bencana banjir bisa menimbulkan masalah kesehatan. ada beberapa penyakit yang perlu di waspadai saat bencana banjir seperti diare, demam berdarah, leptospirosis, inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA), penyakit kulit, demam tifoid, dan memburuknya penyakit kronis yang diderita sebelum musim hujan atau banjir. tentu hal ini perlu di antisiapsi sejak dini. Salah satu penyakit yang berbahaya adalah Leptosipirosis. Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman golongan Leptospira yang menyerang hewan namun dapat juga ditularkan ke manusia. leptospirosis di tularkan oleh urine atau kotoran yang berasal dari tikus atau hewan-hewan yang mengandung kuman dan bakteri.

Pengobatan Leptospirosis

Leptospirosis memiliki gejala demam, pusing, muntah hingga nyeri otot. Seseorang yang sudah terkena penyakit ini tentu harus segera di obati sehingga dampak nya tidak terlalu parah. Pengobatan terhadap leptospirosis pada manusia dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik.

Pencegahan Leptospirosis

Pencegahan leptospirosis dapat dilakukan oleh masyarakat dengan cara menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar agar tidak menjadi sarang tikus. Penanganan sampah rumah tangga dilakukan secara benar dengan cara tidak menginapkan sampah di dalam rumah dan tempat sampah diusahakan tertutup rapat sehingga tidak menjadi sumber makanan tikus. Penyakit ini umumnya menyerang di lokasi pasca banjir, oleh sebab itu kita perlu waspada setelah bencana banjir. tetap perhatikan kondisi lingkungan. Jika ada bagian tubuh yang mengalami luka, tutup dengan rapat sehingga air tidak mudah masuk. Tetap gunakan alas kaki saat berjalan di genangan air banjir.

 

http://kesmavet.ditjennak.pertanian.go.id/index.php/berita/tulisan-ilmiah-populer/121-waspada-leptospirosis-pasca-banjir

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait