Mari Siapkan Tas Siaga Bencana

Share
By Astika Fardani November, 09 2018 Tips Siaga Bencana
Mari Siapkan Tas Siaga Bencana

Bencana dapat terjadi kapan dan di mana saja. Yang bisa kita lakukan sekarang adalah bersiap sebelum bencana itu terjadi. Tidak ada yang tahu kapan bencana alam, seperti gempa atau tsunami akan terjadi. Maka dari itu, ada baiknya kita menyiapkan Tas Siaga Bencana sesegera mungkin. Menurut BNPB, Tas Siaga Bencana adalah tas yang berisi paket perlengkapan kebutuhan dasar yang dipersiapkan sebelum terjadi bencana pada keadaan darurat selama 3x24 jam (3 hari pertama). Perlengkapan ini berguna untuk memenuhi kebutuhan dasar individu/keluarga pada kondisi tidak adanya bantuan sama sekali/bantuan belum tiba.Namun, jangan sampai Tas Siaga Bencana berlebih muatan. Masukkan benda-benda yang dibutuhkan di saat darurat saja.

 Apa saja isinya?

 1. Dokumen Penting

Siapkan fotokopi kartu keluarga, tanda pengenal, polis asuransi, buku tabungan,buku nikah, ijazah dan sertifikat berharga lainnya. Masukkan dokumen-dokumen ini ke dalam map/plastik yang kedap air.

 2. Emergency Blanket

Selimut berbahan metal film polyester efektif untuk menahan air, angin, dan menjaga suhu normal tubuh. Kelebihan lainnya, selimut ini tidak akan memakan banyak tempat saat dalam kondisi terlipat. Selain itu, bisa juga dipakai sebagai tempat berlindung, menampung air, dan memasak.

 3. Perlengkapan P3K

Perlengkapan P3K sederhana seperti perawatan luka, obat-obatan umum (obat diare,batuk, sakit kepala, sakit lambung, demam) pengusir nyamuk, minyak kayu putih, obat gosok, dan obat-obatan lain yang biasa digunakan. Jangan lupa untuk bawa obat-obatan khusus dari dokter jika anda menderita penyakit tertentu.

 4. Pisau Lipat Serbaguna

Pisau lipat dapat dipakai untuk memotong, menggunting, membuka kaleng, menggergaji, dan lain sebagainya.

 5. Peluit

Peluit digunakan untuk memanggil bantuan. Jika anda mempelajari sandi morse, anda juga bisa mengirim pesan menggunakan suara peluit.

 6. Alat Bantu Penerangan

Alat bantu yang perlu disiapkan antara lain senter,  baterai, lilin dan korek api Selain sebagai alat bantu penerangan, senter juga bisa digunakan untuk memanggil bala bantuan. Sediakan juga persediaan baterai yang memadai. Lilin dan korek api perlu dibawa sebagai alternatif jika senter tidak berfungsi.

 7. Uang Tunai

Siapkan uang tunai secukupnya untuk perbekalan selama tiga hari.

 8. Telepon Genggam, Radio Portable, Kabel Charger dan Power Bank

Jika masih terjangkau sinyal, telepon genggam dapat  dimanfaatkan untuk mencari bantuan. Selain itu, radio juga bisa digunakan sebagai sumber informasi pascabencana.

 9. Pakaian Ganti dan Alat Mandi

Siapkan pakaian luar dan dalam secukupnya. Sesuaikan jenis pakaian sesuai dengan iklim tempat tinggal. Penting juga untuk membawa jaket. Jangan lupa untuk bawa alat mandi sederhana seperti sikat gigi dan sabun. Perlu juga dibawa tissu, tissu basah, pembalut.

 10. Makanan dan Minuman

Makanan kaleng seperti kornet yang mengandung energi dan cepat saji bisa menjadi pilihan untuk dibawa dalam Tas Siaga Bencana. Selain itu biskuit dan kue kering juga dapat menjadi alternatif makanan. Pastikan makanan yang dipersiapkan ke dalam tas memiliki tanggal kedaluwarsa yang masih lama. Untuk air minum, siapkan dalam botol minimal 2 liter/orang/hari.

 11. Peralatan Makan

Siapkan piring dan sendok plastik secukupnya sesuai jumlah anggota keluarga.

12. Peralatan lain seperti Jas Hujan, Masker, Buku Tulis , Pulpen dan Daftar Nomor Penting.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan yaitu :

  •       Jika ada bayi; siapkan bubur bayi dan susu bubuk sesuai usianya; bedak bayi/minyak telon/pampers/perlak.
  •       Jika ada orang tua dan dengan sakit yang lama; siapkan obatobatan cadangan.
  •       Jika ada hewan peliharaan; siapkan makanan dan tempat makan; kalung dan tali tuntun serta obat yang dibutuhkan
  •       Perlengkapan ini perlu diperiksa kembali setiap 3 (tiga) bulan; ganti makanan dan minuman dengan masa berlaku yang lebih baru
  •       Simpanlah Tas Siaga Bencana di tempat yang sudah disiapkan dan pastikan semua anggota keluarga mengetahuinya.
  •       Kemudian, simpanlah di tempat Anda bekerja, siapkan di loker ataupun di bawah meja kantor Anda. Terakhir, simpanlah di kendaraan pribadi, dan lengkapilah perlengkapan darurat di mobil Anda.

Nah, itulah isi Tas Siaga Bencana. Tas ini penting untuk disiapkan, terutama untuk anda yang tinggal di daerah rawan bencana. Mari kurangi risiko dengan mengenali ancaman bencana disekitar kita.

Selamat mempersiapkan!

 

Sumber: Panduan Kesiapsiagaan Bencana Untuk Keluarga (BNPB)

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait