Membangun Kesadaran Untuk Mencegah Banjir

Share
By Webmaster January, 24 2017 Tips Siaga Bencana
Membangun Kesadaran Untuk Mencegah Banjir

Masyarakat tentu sudah tidak asing lagi dengan bencana banjir. Ya , bencana ini selalu datang ketika musim hujan. banyak wilayah yang menjadi langganan banjir ketika musim hujan. hujan deras yang terjadi secara terus menerus membuat banjir tidak dapat dihindari, banjir yang terjadi akan merusak lingkungan, tempat tinggal dan juga menimbulkan masalah kesehatan karena berbagai penyakit akan timbul saat banjir

Banjir memang terjadi karena faktor alam. Namu tak bsia dipungkiri juga jika faktor manusia semakin memperparah kondisi tersebut. apakah kita sadar jika kelakuan kita yang tanpa disadari bisa menimbulkan bencana. Oleh sebab itu, perlu adanya kesadaran dari diri kita untuk mencegah banjir. Banjir bisa ditanggulangi dari kesadaran individu.

Cara Mencegah Banjir Dari Diri Sendiri

Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Kita mungkin masih sering membuang sampah sembarang bahkan masih ada yang membuang sampah disungai. Tanpa disadari prilaku tersebut bisa menimbulkan bencana dikemudian hari, salah satunya adalah banjir. Selain itu, sampah yang ada dijalan menjadi pemicu banjir, karena akan menghambat aliran air sehingga menimbulkan genangan air.

Membuat Fungsi Aliran Air Menjadi Semestinya

Membuat fungsi sungai dan selokan dapat bekerja dengan baik. Sungai dan selokan adalah tempat aliran air sehingga jangan sampai tercemari dengan sampah. Hindari membuang sampah dialiran air.

Sudah seharusnya kita peduli terhadap lingkungan. Sudah saat nya untuk Melakukan reboisasi tanaman khususnya jenis tanaman dan pepohonan yang dapat menyerap air dengan cepat

Menanam Pohon

Menanam pohon adalah hal yang sangat positif untuk menjaga lingkungan. Hindari penebangan pohon-pohon di hutan secara liar dan juga di bantaran sungai, karena pohon berperan penting untuk pencegahan banjir.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait