Memilih Kolam Renang Patuh Kesehatan

Share
By Webmaster September, 01 2020 ARTIKEL COVID-19
Memilih Kolam Renang Patuh Kesehatan

Selama masa pandemi Covid-19, salah satu tempat publik yang ditutup adalah kolam renang. Namun kabar baiknya di masa new normal kolam renang sudah kembali dibuka. Tetapi anda harus menggunakan kolam renang yang memang mematuhi protokol kesehatan seperti pada pembahasan berikut ini.

  1. Disinfektan area kolam renang
    Memastikan bahwa seluruh permukaan yang ada di sekitar kolam renang, dari mulai lantai, tempat duduk, dan sebagainya bersih dari kuman. Untuk itu, area kolam renang perlu dibersihkan dan tentunya harus desinfeksi secara rutin.
  2. Selalu jaga jarak di ruang ganti
    Supaya semakin aman, maka anda tidak hanya menjaga jarak saat berenang saja, namun juga harus tetap menjaga jarak saat di ruang ganti. Tidak ada salahnya untuk menggunakan ruang ganti secara bergantian dengan pengunjung yang lain.
  3. Pengunjung dalam kondisi yang sehat
    Perlu diketahui juga bahwa pemilik maupun petugas kolam renang harus bisa memastikan bahwa pengunjung yang ingin berenang dalam keadaan yang sehat. Untuk memastikannya, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi self assessment, yaitu risiko Covid-19.
  4. Batasi jumlah pengunjung
    Walaupun kolam renang sudah bisa dibuka kembali, tetapi jaga jarak aman juga harus tetap dilakukan baik saat berenang maupun saat berada di sekitar kolam renang. Yang pasti hal ini dilakukan agar tidak muncul klaster yang baru kasus Covid-19 ketika new normal.
  5. Gunakan peralatan masing-masing
    Anda sebagai pengunjung harus membawa perlengkapan renang sendiri, jangan pernah meminjam peralatan orang lain. Salah satu peralatan yang harus di bawa dari rumah adalah handuk. Dan yang paling penting adalah jangan memberikan peralatan anda kepada orang lain.
  6. Wajib pakai masker sebelum maupun sesudah berenang
    Tetap menggunakan masker sebelum anda masuk ke dalam air, bahkan sesudah selesai berenang. Hal ini dilakukan karena virus Covid-19 tidak menular dari air kolam renang, namun di permukaan-permukaan yang berada di sekitar kolam renang. Selain itu, anda juga tidak boleh menggunakan masker saat di dalam air karena akan membuat anda sulit bernapas.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait