Mencegah Dan Mengurangi Dampak Bencana Dengan Pendekatan Ekologis

Share
By Webmaster July, 27 2020 ARTIKEL COVID-19
Mencegah Dan Mengurangi Dampak Bencana Dengan Pendekatan Ekologis

Penanggulangan serta pencegahan bencana tidak cukup dengan pembangunan infrastruktur fisik pengendali saja, melainkan sangat dibutuhkan pengelolaan lingkungan hidup yang tepat untuk melengkapinya. Perihal tersebut, Presiden Joko Widodo telah menekankannya dalam arahan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana beberapa waktu lalu. Berikut beberapa poin pentingnya untuk diketahui.

Pentingnya memperbaiki ekologi

Presiden mengemukakan jika solusi pembangunan infrastruktur memang penting. Namun semua itu akan percuma jika ekologi tidak diperbaiki sama sekali. Beliau menjelaskan jika beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu memperbaiki ekologi di Indonesia bisa dimulai dengan penanaman pohon untuk mengantisipasi bencana longsor sebagai contohnya.

Dalam kesempatan ini Presiden juga mengemukakan jika bencana alam terus meningkat dari tahun ke tahun dan hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan juga dialami oleh negara-negara lain karena adanya perubahan iklim global. Akan tetapi, berangkat dari pengalaman yang ada sebagian besar bencana alam terjadi secara berulang sehingga bisa diperkirakan pola kejadiannya. Hal ini semakin memudahkan penemuan solusi terbaik sebagai upaya pencegahan dan mengurangi dampak dari bencana. Misalnya banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan yang terjadi berulang kali di sejumlah wilayah Indonesia.

Pendekatan ekologis untuk menanggulangi bencana

Seperti yang telah dijelaskan, ada banyak bencana yang rutin berulang. Misal kebakaran hutan dan lahan gambut ketika musim kemarau, ancaman banjir dan tanah longsor ketika musim penghujan. Selain karena faktor alam, Presiden berpandangan jika bencana tersebut terjadi juga akibat kelalaian ekologis itu sendiri. Termasuk kelalaian dalam mengelola lingkungan hidup. Beliau juga berpendapat jika ada beberapa aktivitas pengelolaan ekologi yang seharusnya dilakukan manusia. Beberapa diantaranya seperti berikut:

  • Melakukan rehabilitasi lahan, menanam pohon yang memiliki akar kuat untuk mencegah terjadinya tanah longsor. Hal ini dibuktikan Presiden dengan melakukan penanaman tanaman vetiver di Sukajaya, Bogor untuk mencegah tanah longsor, banjir dan erosi
  • Menata ruang dan pemanfaatan lahan yang tepat dan sesuai risiko terjadinya bencana untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Meskipun tidak ada yang bisa memprediksi sifat alam, sebagai manusia hendaknya kita mengupayakan yang terbaik untuk mencegah dan meminimalisir segala bentuk kerugian dari bencana-bencana tersebut dengan memperbaiki ekologi di sekitar kita.

SUMBER

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait