Mengatasi Drainase Mampet di Lingkungan Rumah Untuk Mencegah Banjir

Share
By Webmaster May, 17 2017 Tips Siaga Bencana
Mengatasi Drainase Mampet di Lingkungan Rumah Untuk Mencegah Banjir

Bencana banjir sering kali terjadi ketika memasuki musim hujan. Hampir banyak daerah di Indonesia mengalami musibah ini. Banjir bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, selain faktor alam faktor manusia juga bisa menjadi pemicu terjadinya banjir. Oleh sebab itu kesadaran masyarakat terhadap bencana banjir perlu ditingkatkan. Sebab saat ini masih banyak masyarakat yang melakukan aktifitas yang menyebabkan terjadinya banjir seperti, membuang sampah ke sungai, tidak menjaga sistem pembuangan hingga membuang sampah ke selokan yang bisa menyumbat aliran air.

Mencegah banjir bisa dilakukan dari lingkungan rumah. Banyak beberapa cara untuk mengatasi banjir dilingkungan rumah. Banjir yang terjadi biasanya karena sistem pembuangan atau aliran drainase yang mampet. Jika drainase mampet , bukan tidak mungkin ketika hujan deras ini akan menyebabkan banjir. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga drainase tetap aman.

Mengatasi Drainase Yang Mampet

Rutin Membersihkan Drainase

Dipemukiman warga, selokan menjadi saluran untuk membuang air. Oleh sebab itu kita sangat perlu untuk tidak membuang sampah ke selokan karena bisa menjadi pemicu terjadinya banjir. Selokan yang mampet karena sampah bisa menyebabkan banjir ketika hujan. Oleh sebab itu kita perlu rutin membersihkan sistem pembuangan air, atau kita bisa kerja bakti bersama tetangga untuk membersihkan sistem saluran air.

Rambut

Rambut ternyata bisa menjadi penyumbat drainase dirumah anda. Jika anda menemukan sekumpulan rambut menumpuk di sistem pembuangan rumah anda hal tersebut akan mengambat air untuk mengalir ke selokan. Cara mengatasi hal ini adalah dengan membersihkan saluran pembuangan Anda dan menghindari jatuhnya rambut ke dalam selokan. Rambut biasanya berasal dari sistem pembuangan dikamar mandi rumah warga.

Jangan Buang Sampah

Buang sampah sembarangan seakan menjadi budaya, masih banyak masyarakat yang membuang sampah semabarang. Tanpda disadari hal tersebut akan menjadi penyebab terjadinya banjir. Karena saluran tersumbat oleh menumpuknya sampah.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait