Pembalakan Liar Penyebab Utama Banjir Bandang

Share
By Staff PKK November, 07 2016 Info Penting
Pembalakan Liar Penyebab Utama Banjir Bandang

Kerusakan hutan akibat ulah manusia sudah semakin parah. Hal ini akan berdampak terhadap bencana yang terjadi di Indonesia. bencana besar seperti Banjir, tanah longsor dan banjir bandang terjadi karena ulah manusia yang semakin gencar melakukan pembalakan liar. Tanpa disadari kerusakan hutan akan menjadi malapetaka terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana sebab, banjir bandang bisa terjadi sewaktu waktu tanpa bisa di prediksi dan akan mengakibatkan kerusakan dan juga menimbulkan korban jiwa

Seperti kejadian banjir bandang di Nagari Aia Dingin Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. Kejadian banjir bandang diwilayah tersebut karena adanya aktifitas pembalakan liar di daerah hulu sungai sehingga menjadi pemicu banjir bandang. hal tersebut bisa terlihat juga dari material yang terbawa saat banjir bandang seperti kayu bekas. Tentu hal ini sangat berbahaya karena penebangan pohon yang kian marak hanya akan semakin membuat ancaman bencana alam semakin tinggi. kerusakan hutan di hulu sungai akan terus mengancam masyarakat di sepanjang aliran sungai, jika tidak ada upaya sungguh-sungguh mencegah kerusakan tersebut.

Pembalakan liar sudah menjadi permasalahan yang harus secepatnya di atasi, sebab sudah banyak daerah yang terkena banjir bandang akibat pembalakan liar. Bukan hanya kerugian pasca banjir yang ditimbulkan namun juga kerusakan ratusan hektar akibat penebangan liar menjadi kerugian yang paling besar.

 

Sumber : http://www.sumbarprov.go.id/details/news/1149

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait