Penyakit Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Pasca Banjir

Share
By Staff PKK November, 10 2016 Info Penting
Penyakit Penyakit Ini Perlu Diwaspadai Pasca Banjir

Musim hujan sejatinya adalah sebuah berkah dari yang maha kuasa, tetapi banjir sendiri juga bisa menjadi malapetaka bagi umat manusia, terlebih apabila kejadian hujan sangat tinggi dan sering terjadi di suatu lokasi, sehingga menimbulkan genangan hingga banjir di daerah daerah tempat tinggal. Banjir selain memberikan dampak buruk bagi lingkungan, juga dapat menimbulkan bahaya penyakit yang bisa ditimbulkan akibat banjir seperti penyakit penyakit menular yaitu sebagai berikut :

Penyakit Kulit

Penyakit Kulit lazim ditemui pada penderita korban banjir, dalam hal ini peran warga dalam menjaga lingkungan dan juga kesehatan pribadi menjadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan. Selalu mandi menggunakan sabun dan juga air yang bersih sehingga kita bisa terhindar dari berbagai macam masalah penyakit kulit, terutama setelah banjir terjadi.

Diare

Diare adalah salah satu penyakit menular yang lazim juga ditemui saat setelah terjadinya bencana banjir. Biasanya diare disebabkan air minum yang sudah tercemar dengan berbagai zat pasca banjir. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah penyakit diare ini yakni dengan selalu membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan, biasakan diri juga dengan mencuci tangan setelah membuang hajat.

Lalu untuk air yang akan dikonsumsi, dapat anda rebus terlebih dahulu hingga mendidih sebelum digunakan. Tujuannya pasti anda sudah tahu yakni untuk membunuh kuman kuman yang berada di air yang akan dikonsumsi tersebut. Kemudian, anda dapat menjaga lingkungan daerah tempat anda tinggal, ajaklah sekeliling anda dengan tidak membuang sampah sembarangan karena  tumpukan sampah yang berserakan dapat mengundang lalat. Lalat sendiri patut diwaspadai karena lalat adalah hewan yang mampu menyebarkan penyakit.

Jika anda atau salah satu keluarga anda sudah terkena diare, berikanlah segera pertolongan pertama dengan memberikan obat, bisa dengan meracik sendiri obat diare (oralit) atau anda juga bisa membeli obat obatan di warung atau apotek, perhatikan tanggal kadaluarsa yang tertera di bungkus obat yang anda beli.

Demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu penyakit berbahaya yang biasanya juga menyerang warga yang terkena banjir. Penyakit ini disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, solusi pencegahan demam berdarah sudah sejak dulu pemerintah galakkan yakni dengan program 3M, Mengubur, Menguras dan Menutup tempat penyimpanan air. Biasanya tanda tanda orang yang telah terinfeksi oleh virus Dengue sehingga terjadi demam berdarah adalah panas tubuh yang tinggi secara tiba tiba dan juga terjadi pendarahan, apabila ada anggota keluarga anda yang terlihat memiliki ciri-ciri seperti ini, segera bawalah ke petugas kesehatan, puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Penyakit ISPA sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroba, bakteri dan virus. Gejala yang biasa ditemui di penderitanya adalah si penderita akan mengalami batuk dan demam. Jika sudah masuk dalam kategori yang berat, maka gejalanya akan bertambah seperti adanya nyeri di bagian dada, sesak napas dan lain lain. Untuk menanganinya, si penderita harus beristirahat dan melakukan pengobatan sesuai dengan gejala gejala yang sudah terjadi.

Leptospirosis

Penyakit leptospirosis adalah penyaikit yang disebabkan oleh bakteri leptospira, penyakit ini ditularkan melalui hewan salah satunya adalah tikus. Biasanya penyakit ini akan ditularkan melalui kencing tikus yang memang sudah mengandung bakteri leptospira yang terbawa oleh air. Jika ada orang yang bermain main atau terpapar air yang sudah terkontaminasi kencing tikus, maka kemungkinan terkena penyakit ini akan semakin lebih tinggi.

Untuk mencegah leptospirosis ini, perlu kesadaran masyarakat yang terkoordinasi dengan baik, solusinya adalah dengan mengurangi populasi tikus di sekitar tempat tinggal. Selain itu bagi orang yang sedang terluka agar tidak bermain main dengan air banjir. Jika memang terpaksa maka gunakan sepatu bot untuk melindungi kaki.

Penyakit penyakit pasca banjir dapat dicegah dengan berperilaku hidup sehat, mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang hajat, dan dimanapun anda berada terutama di lokasi yang sekiranya kotor dan tidak terawat. 

Sumber : http://www.sumbarprov.go.id/details/news/7152

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait