Pusat Krisis Kesehatan Mendampingi Komisi IX DPR RI dalam Kunjungan Kerja ke Kabupaten Pandeglang

Share
By Astika Fardani February, 09 2019 Info Penting
Pusat Krisis Kesehatan Mendampingi Komisi IX DPR RI dalam Kunjungan Kerja ke Kabupaten Pandeglang

Dalam rangka pengawasan penanganan kesehatan akibat Tsunami Selat Sunda, Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten dengan didampingi oleh perwakilan dari Kementerian Kesehatan, termasuk Pusat Krisis Kesehatan. Kegiatan berlangsung pada tanggal 5 Februari 2019 di Pendopo Bupati Pandeglang.

Anggota Komisi IX DPR RI dipimpin oleh ketua delegasi dr. Nova Ryanti Yusuf, Sp.KJ. Perwakilan Kementerian Kesehatan yang mendampingi antara lain Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan, Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kepala Bidang Pencegahan, Mitigasi dan Kesiapsiagaan (PMK) Pusat Krisis Kesehatan, perwakilan dari Direktorat Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat.

Pertemuan dalam rangka kunjungan Komisi IX ini turut dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Pandeglang, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, dan jajaran RSUD Berkah. Bupati Pandeglang memaparkan upaya yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Pandeglang dalam merespon kejadian krisis kesehatan akibat bencana tsunami. Dalam paparan tersebut juga diuraikan beberapa hal yang masih menjadi permasalahan dan harapan Pemerintah Kabupaten Pandeglang kepada Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Kesehatan. Bupati juga mengatakan bahwa akan ada 3 unit puskesmas yang berlokasi di zona merah tsunami yang akan direlokasi.

Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan menyampaikan bahwa untuk upaya penanggulangan krisis kesehatan pada tahap pra hingga pasca krisis kesehatan, Kementerian Kesehatan tetap akan memberikan dukungan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang.

Selain pertemuan, anggota Komisi IX juga meninjau pelayanan kesehatan di RSUD Berkah. Berdasarkan informasi dari Direktur RSU Berkah Pandeglang, saat ini masih terdapat beberapa pasien korban tsunami yang masih dirawat di RSU Berkah. Perwakilan Komisi IX kemudian melakukan wawancara kepada salah satu korban tsunami yang masih dirawat di ruang perawatan dan meninjau ruang perawatan, laboratorium serta ruang autopsi.

Di akhir pertemuan dengan jajaran pemerintah Kabupaten Pandeglang, anggota Komisi IX menyampaikan arahan bahwa untuk kedepannya, Pemerintah Kabupaten Pandeglang harus mengalokasikan anggaran untuk upaya penanggulangan bencana di setiap fase dan perlu membuat model pelayanan kesehatan di daerah pesisir. Di akhir pertemuan, Komisi IX menyerahkan bantuan paket obat-obatan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait