Siaga Banjir Kala Musim Hujan Dengan Kegiatan Berikut

Share
By Staff PKK November, 21 2016 Tips Siaga Bencana
Siaga Banjir Kala Musim Hujan Dengan Kegiatan Berikut

Percikan jatuhan suara hujan memberikan kesan tersendiri bagi sebagian orang. Tetapi kejadian hujan yang terjadi dengan intensitas tinggi dan terjadi terus menerus justru terkadang menimbulkan masalah krisis kesehatan. Seperti yang belum lama ini terjadi di Garut yakni Banjir Bandang yang menerjang sehingga banyak korban dari warga yang meninggal akibat kejadian ini dan ribuan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Bencana banjir merupakan salah satu bencana yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi, salah satu yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan diri sebelum terjadi banjir agar tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Dibawah ini adalah beberapa langkah yang dapat anda persiapkan sebelum terjadinya banjir terutama saat musim hujan :

1. Membuat saluran air yang baik

Untuk mencegah daerah anda terendam banjir anda perlu saluran dan sistem irigasi yang baik hingga pembuangan akhir. Anda perlu memastikan bahwa saluran air yang saat ini ada memiliki hilir tidak pada sungai mati atau sungai yang tidak mengalir sehingga kemungkinan airnya bisa meluber. Saluran air yang baik tentu saja saluran air yang bisa berupa sungai besar dan bebas dari tumpukan sampah sehingga dapat berfungsi menerima limpahan aliran air dari perumahan yang bisa saja penuh karena terjadi hujan.

2. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Kalimat ini sudah menjadi kalimat yang paling sering didengar tetapi pada kenyataannya kesadaran dari masyarakat masih kurang akan hal ini. Perlu kedisiplinan dari warga sendiri untuk sadar membuang sampah di tempat pembuangan sampah.

3. Saluran Air yang Rajin Dibersihkan

Saluran air tentu wajib kita jaga dan dirawat. Saluran air yang baik dapat membantu wilayah pemukiman terhindar dari banjir, tentu saja ini dilakukan oleh seluruh warga sekitar dengan cara gotong royong. Aktifitas pembersihan saluran air perlu dilakukan terus menerus dan tidak dilakukan pada suatu waktu saja.

4. Melakukan Penanaman Pohon di Area Sekitar Rumah

Kota kota besar biasanya memiliki permasalahan dimana sedikitnya jumlah permukaan tanah yang bisa digunakan sebagai tanah resapan yang baik, untuk itulah diperlukan sesuatu yang bisa menyerap air dengan baik. Salah satu caranya dengan melakukan penanaman pohon yang berbatang besar atau yang memiliki daya serap air yang tinggi seperti pohon mangga, duku kenanga dan lain lain.

5. Melestarikan Hutan Sekitar

Penyebab terjadinya banjir biasanya juga karena adanya kegiatan penebangan pohon secara liar sehingga tanah terkikis dan jatuh ke sungai. Biasanya aktifitas yang membahayakan ini juga terjadi di wilayah perbukitan. Memelihara hutan dengan baik adalah salah satu langkah pencegahan banjir yang sangat penting dilakukan.

http://bsfm.maroskab.go.id/2016/09/persiapan-menghadapi-banjir-di-musim.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait