Sigap Saat Terjadi Bencana Gempa Bumi

Share
By Staff PKK December, 16 2017 Tips Siaga Bencana
Sigap Saat Terjadi Bencana Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan bencana yang terjadi akibat adanya pergeseran pada bagian dalam bumi secara tiba tiba dan merupakan peristiwa pelepasan Energi.

Apa yang menyebabkan terjadinya gempa bumi?

  • Adanya pergeseran lempeng bumi yang di akibatkan adanya proses tektonik
  • Adanya aktifitas sesar di bagian permukaan bumi
  • Di picu oleh gerakan Geomorfologi lokal seperti terjadi runtuhan tanah.
  • Aktiftas gunung berapi, Dan
  • Di picu oleh ledakan Nuklir

Kerusakan yang terjdi akibat gempa bumi karena, adanya getaran yang di rambatkan seluruh bagian bumi, dari getaran tersebut akan mengakibatkan kerusakan dan runtuhnya bangunan sehingga dapat menimbulkan korban jiwa. Gempa juga sangat memciu terjadinya bencana lain sepertim Tanah Longsr , runtuhan bebatuan hingga bencana tsunami

Gejala dan Peringatan Dini

  • Kejadian mendadak/secara tiba-tiba
  • Belum ada metode pendugaan secara akurat

 

Tips Saat Terjadinya Gempa Bumi

Berikut akan kami berikan tips tips saat terjadi gempa bumi, sehingga anda bisa melakukan penyelamatan dini saat terjadi gempa bumi dimanapun anda berada. :

Didalam Rumah

Jika terjadi gempa bumi dan posisi anda sedang berada di rumah., anda bisa bersembunyi di bawah meja yang kokoh agar tida terkena jatuhan benda benda, lebih baik untuk keluar luar rumah dan cari tempat aman hingga kondisi sudah mulai stabil

Di sekolah

Berlindunglah di bawah kolong meja, lindungi kepala dengan tas atau buku, jangan panik, jika gempa mereda keluarlah berurutan mulai dari jarak yang terjauh ke pintu,

Di Luar Rumah

Cari tempat aman, tetap lindungi kepala anda jangan berada di bawah gedung untuk menghindari dari reruntuhan dan juga pecahan kaca.

Didalam Kendaraan

Jika anda sedang berada di dalam mobil dan terjadi gempa, mobil akan terasa bergoyang, ada baiknya hentikan kendaraan dan cari tempat aman.

Cari Informasi

Setelah terjadi gempa, tetap cari informasi melalui radio sekaligus tetap berada di tempat aman hal tersebut agar tetap mewaspadai saat terjadi gempa susulan. Anda dapat memperoleh informasi yag benar dari pihak yang berwenang atau polisi.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait