Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan dalam Rangka Sail Nias 2019

Share
By Astika Fardani September, 06 2019 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan dalam Rangka Sail Nias 2019

Kegiatan Sail Indonesia merupakan acara rutin yang setiap tahun diselenggarakan. Selain sebagai suatu ajang bagi aktivitas bahari, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai media promosi bagi wisata Indonesia. Tahun 2019 ini, Sail Indonesia akan diselenggarakan di Kepulauan Nias Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 14  September 2019.  

Untuk menjamin kesuksesan acara ini dibutuhkan kesiapan sektor kesehatan, khususnya untuk mengantisipasi kejadian yang dapat menimbulkan krisis kesehatan. Kesiapan seluruh unsur kesehatan perlu dibina dengan baik, salah satunya melalui kegiatan "Simulasi Penanggulangan Krisis Kesehatan dalam Rangka Sail Nias 2019" yang telah diselenggarakan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan.

Rangkaian acara Simulasi dilaksanakan selama tanggal 1-6 September 2019 di Hotel SEM dan Pelabuhan Lama Teluk Dalam. Acara dimulai dengan rapat persiapan, kunjungan ke lokasi, materi dan drill teknis (reviu skenario latihan, pembagian peran, teknis medis, briefing geladi, latihanberkelompok), geladi kotor, pelaksanaan simulasi lapangan, dan evaluasi. Peserta berasal dari lingkup Klaster Kesehatan, sedangkan narasumber dan fasilitator berasal dari Kemenkes, Pusdikkes TNI AD, RSCM dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Pelaksanaan simulasi lapangan sendiri dilaksanakan di Pelabuhan Lama Teluk Dalam pada tanggal 5 September 2019. Simulasi dibuka dengan Apel Bersama yang dipimpin Bupati Nias Selatan dan dihadiri jajaran Setda, Polres, Koramil, Camat dan Lurah Nias Selatan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kapasitas kesehatan menjelang puncak acara Sail Nias menjadi lebih siap, siaga dan terkoordinir dengan baik.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait