Strategi Dan Upaya Penanggulangan Bencana Angin Topan

Share
By Staff PKK June, 22 2016 Tips Siaga Bencana
Strategi Dan Upaya Penanggulangan Bencana Angin Topan

Indonesia termasuk negara yang rawan bencana terutama saat ini sedang menghadapi perubahan iklim. Dampak dari perubahan iklim menciptakan cuaca ektream yang berpotensi terjadi bencana besar. banyak bencana yang timbul akibat cuaca ektream seperti, Banjir, Tanah longsor Hingga angin topan. Salah satu bencana yang perlu di antisipasi adalah Angin Topan. Angin topan yaitu pusaran angin kencang dengan kecepatan angin 120 km/jam atau lebih yang sering terjadi di wilayah tropis diantara garis balik utara dan selatan, kecuali di daerah-daerah yang sangat berdekatan dengan khatulistiwa. Biasanya angin ini terjadi di wilayah indonesia saat memasuki Musim pancaroba atau musim peralihan dan biasa di sebut dengan angin badai. Angin topan bisa terjadi karena adanya tekanan dalam suatu sistem cuaca, angin ini rentan terjadi di daerah tropis.

Gejala Timbulnya Angin Topan

Bencana angin badai tropis bisa terjadi kapan saja dan secara mendadak, sebagian besar angin badai ini tercipta melalui proses beberapa jam. Bencana angin badai ini bisa terpantau melalui satelit. Satelit mampu untuk mengetahui arah angin topan, namun perubahan cuaca yang signifikan membuat bencana angin badai sulit untuk di prediksi. sehingga bencana ini bisa terjadi kapan saja, banyak dampak dari bencana ini seperti kerusakan infrastruktur, sarana prasarana bahkan menimbulkan korban jiwa. Berikut adalah upaya dalam pengurangan bencana angin badai

Upaya Pengurangan Bencana

  • Memiliki struktur bangunan yang dapat memenuhi syarat teknis sehingga mampu untuk bertahan terhadap angin terutama angin besar
  • Di daerah rawan angin badai, perlu adanya standar bangunan untuk bisa memperhitungkan beban angin. Sehingga struktur bangun dapat bisa menahan angin.
  • Melakukan penghijauan di bagian atas arah angin untuk meredam gaya angin.
  • Pengamanan/perkuatan bagian-bagian yang mudah diterbangkan angin yang dapat membahayakan diri atau orang lain disekitarnya.
  • Kesiapsiagaan dalam menghadapi angin topan, mengetahui bagaimana cara penyelamatan diri
  • Pengamanan barang-barang disekitar rumah agar terikat/dibangun secara kuat sehingga tidak diterbangkan angin
  • Untuk para nelayan, supaya menambatkan atau mengikat kuat kapal-kapalnya.

 

 

Sumber : http://bpbdserang01.page4.me/73.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait