Temuan Baru Sesar Kendeng, Menjadi Pemicu Baru Gempa Di Jawa Timur

Share
By Staff PKK April, 20 2016 Info Penting
Temuan Baru Sesar Kendeng, Menjadi Pemicu Baru Gempa Di Jawa Timur

Pulau Jawa memang tidak pernah luput dari Ancaman Gempa Bumi. Sudah sejak ratusan tahun silam Pulau Jawa Terutama di wilayah bagian selatan dikenal karena memiliki potensi gempa yang cukup masif. Beberapa kali wilayah selatan Jawa di landa gempa bumi dengan kekuatan yang bervariasi, hal tersebut karena wilayah Selatan Pulau Jawa memang menjadi jalur pertemuan dari dua lempeng besar benua, yakni lempeng Eurasia dan lempeng Indo Australia. Walaupun yang memiliki potensi besar terjadi gempa bumi yaitu di Jawa bagian selatan, namun masih sedikit yang meneliti tentang potens gempa di jawa yang lainnya seperti potensi gempa di wilayah Jawa Timur.

Belum lama ini Ada penelitian yang di publikasikan jurnal Geophysical Research Letter, menyebutkan bahwa ada kenyataan baru dalam kajian kegempaan di pulau jawa, khususnya di wilayah Jawa Timur. Didalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa sesar Kendeng atau patahan Kendeng nyatanya aktif dengan pergerakan yang cukup kuat, yakni 5 milimeter per tahun. Jika benar demikian, maka sesar Kendeng ini bisa jadi ancaman baru dalam potensi gempa di Jawa Timur. Dalam penelitian tersebut, potensi gempa yang dipicu sesar kendeng masih belum jauh di teliti, namun masih ada potensi besar bagi daerah yang dilewati oleh patahan kendeng sehingga memicu terjadinya gempa bumi. Sesar Kendeng melintang dari barat ke timur sejauh 300 kilometer. Titik sebelah baratnya mulai dari selatan wilayah Semarang Jawa Tengah, sampai dengan kawasan Jawa Timur.

Namun potensi dan ancaman gempa di jawa timur masih bisa mengancam sewaktu waktu. Sesar Kendeng terbentuk dari mekanisme kompresi atau penekanan busur gunung berapi yang berada di Jawa Tengah hingga Jawa Timur sejak zaman mio-pliosen atau berjuta tahun silam. Gerakan kekuatan gempa dari sesar kendeng masih relatif belum besar, namun masyarakat juga perlu tetap perlu untuk waspada. Berbeda dengan patahan Flores yang berada di dekat Bali dan sepanjang Pulau Flores, gempa yang diakibatkan oleh patahan Flores ini selalu berada dalam kekuatan yang besar, seringkali di atas 6 skala richter.

 

Sumber : http://blog.act.id/temuan-sesar-kendeng-potensi-baru-pemicu-gempa-di-jawa-timur/

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait