Terbakarnya KM Mutiara Sentosa 1 di Perairan Masalembo

Share
By Webmaster May, 20 2017 Info Penting
Terbakarnya KM Mutiara Sentosa 1 di Perairan Masalembo

Kapal Penumpang KM Mutiara Sentosa 1 Jurusan Surabaya - Balikpapan  terbakar di Perairan Masalembo pada (19/5/2017) pukul 19.30 WIB. Pada saat kejadian, kapal sedang membawa 178 POB yang teridiri dari 134 penumpang dan 44 ABK (Anak Buah Kapal). Saat kejadian, kapten kapal memerintahkan seluruh POB untuk segera meninggalkan kapal dan menyelamatkan diri dengan menggunakan sekoci dan life jacket.

Dalam kejadian tersebut dilaporkan 5 orang meninggal dunia. Kebakaran awalnya muncul dari Cardeck Kapal, dan tidak bisa dipadamkan dan semakin membesar. Sehingga Nahkoda pun memerintahkan untuk meninggalkan kapal. KM Meratus Makassar sedang merapat untuk mengevakuasi penumpang dan ABK. Sementara  Kantor SAR Surabaya mengirimkan KN SAR 225 Surabaya menuju lokasi.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi terkait penyebab terbakarnya kapal KM Mutiara Sentosa 1. Berdasarkan investigasi tersebut, api berasal dari truk. Sesaat kemudian api muncul di dek bawah, para penumpang juga ikut berusaha memadamkan api.

Dalam upaya pemadaman api juga dilakukan dengan penyemprot air dikapal, hydran di kapal sudah dihidupkan oleh kru kapal, tapi justru api kian membesar. Namun terdengar juga suara ledakan kecil yang membuat penumpang yang berada di dek berlaih menjauh. Sesaat kemudian, api semakin besar. Namun untuk penyebab munculnya api masih belum diketahui

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait