Tetap Siaga Lawan COVID-19

Share
By Webmaster June, 04 2020 ARTIKEL COVID-19
Tetap Siaga Lawan COVID-19

COVID-19 telah ditetapkan menjadi pandemi oleh WHO beberapa waktu lalu dan menyebabkan terganggunya aktivitas masyarakat. Badan organisasi kesehatan internasional ini menyatakan bahwa di masa depan kemungkinan besar kita akan hidup berdampingan dengan virus COVID-19 hingga ditemukannya vaksin. Istilah “New Normal” pun semakin sering digaungkan.

Tetap Siaga COVID-19 Dengan New Normal

Istilah New Normal merujuk pada pola kehidupan dengan tatanan baru yang membuat masyarakat harus hidup berdampingan dengan penyebab pandemi COVID-19. Pada tahap ini, masyarakat bisa berkegiatan seperti sedia kala, namun dengan menerapkan gaya hidup baru yang mengutamakan kebersihan. Berikut ini panduan yang bisa Anda gunakan untuk tetap siaga COVID-19 ketika New Normal:

  1. Memelihara sistem imun
    COVID-19 adalah jenis penyakit yang dapat berakibat fatal untuk orang dengan imunitas tubuh yang rendah. Jika Anda ingin siaga COVID-19, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga imun tubuh agar berada pada kondisi se-stabil mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan terus menjaga kualitas emosi, menjaga pola makan, dan pola hidup sehat.
  2. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi
    menjaga pola makan adalah hal yang selanjutnya harus Anda lakukan. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi, jangan konsumsi makanan dengan kandungan gula yang berlebih. jangan lupa untuk selalu konsumsi sayuran, vitamin dan suplemen, serta buah untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Tetap melakukan pembatasan fisik
    Walaupun sudah berada dalam keadaan new normal, hendaknya Anda tidak melupakan anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan fisik atau jaga jaraka. Jaga jarak adalah hal yang penting dilakukan untuk menekan dan memutus rantai COVID-19. Minimal jarak yang harus dijaga antar personal yaitu 2 meter.
  4. Cuci tangan pakai sabun secara rutin
    Kebersihan menjadi hal paling penting yang harus Anda perhatikan selanjutnya. Cuci tangan pakai sabun adalah hal yang tidak boleh Anda lupakan, karena tangan adalah anggota tubuh yang paling penting untuk dijaga kebersihannya.
  5. Tetap pakai masker kemanapun Anda pergi
    Masker adalah salah satu hal penting yang tidak boleh Anda lupakan ketika bepergian ke luar rumah. Selalu gunakan masker agar sistem pernafasan Anda terlindungi dari penularan virus COVID-19.

Itulah beberapa panduan yang bisa Anda gunakan agar tetap siaga COVID-19. Lakukan beberapa langkah di atas untuk bisa tetap sehat ketika pandemi.

SUMBER

(Informasi Puskris)

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait