TIps Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Share
By Staff PKK December, 02 2016 Tips Siaga Bencana
TIps Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor memang menyenangkan tetapi biasanya para pengendara sepeda motor akan sedikit kesulitan disaat hujan. Terlebih bagi mereka yang tidak memiliki persiapan menghadapi hujan seperti jas hujan dan lain lain. Saat hujan terjadi ada banyak pengendara yang mengabaikan hal hal yang bisa mengakibatkan kecelakaan transportasi seperti penggunaan jas hujan ponco dan lainnya. Berikut sajian tips untuk anda agar tetap aman dalam berkendara dengan sepeda motor.

1. Tidak Menggunakan Jas Hujan Ponco

Dalam memilih jas hujan, pilihlah yang model jas setelan jaket dan celana jangan pilih jas hujan yang berjenis ponco, dikarenakan jas hujan Ponco sangat rawan terselip ke jeruji ban karena desainnya yang menutup dan melebar sampai ke bagian bawah.

2. Tidak Menggunakan Alas Kaki yang Licin

Saat hujan, lebih baik anda menggunakan sepatu boots atau sepatu lainnya, tidak disarankan menggunakan sandal karena sangat licin saat anda menurunkan kaki untuk berpijak atau menginjak step motor anda. Selain itu penggunaan sandal tidak disarankan karena sangat mudah terlepas.

3. Pastikan Lampu Normal

Lampu sangat penting untuk anda dalam berkendara saat hujan karena dengan lampu anda bisa memberikan tanda keberadaan kepada orang orang yang berada di depan anda sehingga pengendara lain mengetahui posisi anda berkendara.

4. Buka sedikit kaca helm saat Hujan

Membuka helm saat hujan memang menjadi hal yang menyulitkan karena jatuhan air hujan mengenai wajah dan bahkan mata kita. Tetapi saat berkendara dengan motor ketika hujan, anda disarankan untuk membuka kaca helm, karena kaca helm yang tertutup rapat biasanya menyebabkan embun yang malah membuat pandangan anda terhalang. Biasanya terjadi embun karena adanya perbedaan suhu antara permukaan luar dengan bagian dalam helm, lebih baik biarkan sedikit kaca helm terbuka agar sirkulasi udara bisa masuk kedalam dan suhu dalam dan luar menjadi seimbang

5.Mengurangi kecepatan berkendara

Ketika hujan, alangkah baiknya anda menurunkan kecepatan, karena biasanya permukaan jalan akan menjadi licin dan kendaraan menjadi sedikit sulit dikontrol. Selain itu perhatikan jarak aman anda dengan kendaraan di depan karena saat hujan, kampas rem akan sedikit berkurang kemampuannya karena terkena air hujan.

6. Menghindari genangan

Saat hujan biasanya di jalan akan tercipta genangan genangan air, dari yang hanya berupa genangan atau lubang di jalan yang tergenang air sehingga membahayakan pengguna jalan. Sebaiknya saat melihat genangan air, jangan coba coba anda menerobos dengan kencang, karena kita tidak tahu seberapa besar genangan tersebut, jika lubang tersebut besar bisa bisa motor anda akan terperosok.

Sumber : http://perhubungan.bandaacehkota.go.id/v3/mau-aman-berkendara-saat-hujan-ikuti-tipsnya/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait