Tips Mencegah Abrasi

Share
By Webmaster May, 25 2017 Tips Siaga Bencana
Tips Mencegah Abrasi

Hampir kawasan pesisir di Indonesia termasuk kedalam zona potensi bencana alam. Jenis bencana yang kerap kali dihadapi oleh mereka yang tinggal di pulau kecil dan berdekatan dengan pantai dan laut adalah gelombang pasang/abrasi dan gelombang tsunami. Bencana tersebut sering kali terjadi, sehingga perlu kewaspadaan masyarakat sekitar terhadap bencana alam tersebut.

Bagi masyarakat pesisir perlu mewaspadai bencana abrasi. Abrasi merupakan proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi biasanya disebut juga erosi pantai. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipicu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut.

Abrasi dikelompokan menjadi bencana alam. Bencana ini terjadi karena faktor alam namun perlu diketahui juga manusia bisa menjadi pemicu yang memperparah bencana abrasi tersebut. Di sisi lain, manusia juga bisa melakukan sejumlah langkah untuk meminimalisir akibat dari abrasi. Dan berikut adalah caranya :

Membangun Pemecah Gelombang

Membuat pemecah gelombang bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah abrasi pantai. Cara ini dimaksudkan agar kekuatan gelombang yang tiba pada garis pantai tidak terlalu besar sehingga tidak berpotensi mengikis padatan yang berada dititik tersebut. Beberapa wilayah di Indonesia sudah banyak yang menerapkan pemecah gelombang sebagai penangkal abrasi pantai

Hutan Mangrove/Bakau

Cara yang paling manjur untuk mengatasi abrasi adalah dengan menanam mangrove. Langkah penanggulangan berbasis konservasi ini idealnya disandingkan dengan opsi pemecah gelombang. Manfaat hutan bakau dalam melindungi garis pantai sebenarnya sudah banyak diketahui pihak terkait. Namun kesadaran untuk membuat ini masih minim. Mangrove memiliki banyak manfaat seperti :

  •          Menjaga stabilitas garis pantai.
  •          Mengurangi akibat bencana alama tsunami.
  •          Membantu pengendapan lumpur, dengan demikian kualitas air lautan jauh lebih terjaga.
  •          Membantu menahan juga menyerap tiupan angin laut yang cukup kencang.
  •          Merupakan sumber plasma nutfah.
  •          Membantu menjaga keseimbangan alam.
  •          Membantu mengurangi polusi baik di udara juga di air.
  •          Sebagai salah satu sumber oksigen bagi makhluk hidup.
  •          Hutan mangrove juga menjadi habitat alami beragai spesies seperti kepiting, burung, beberapa jenis ikan dan lain-lain.

 

Cara efektif untuk mencegah abrasi adalah dengan menanam mangrove. Mengingat karena banyaknya manfaat yang didapat dari menanam mangrove.

 

https://belajar.kemdikbud.go.id/SumberBelajar/tampilajar.php?ver=99&idmateri=141&mnu=Materi4

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait