Tips Mencegah Penurunan Permukaan Tanah

Share
By Webmaster February, 14 2017 Tips Siaga Bencana
Tips Mencegah Penurunan Permukaan Tanah

Kasus turunnya permukaan tanah bukanlah kejadian baru. Di Indonesia sudah terjadi beberapa kasus penurunan tanah termasuk juga terjadi di Ibu Kota Jakarta. Peristiwa tersebut merupakan peristiwa alam yang merugikan untuk wilayah yang mengalaminya. Penurunan permukaan tanah adalah peristiwa turunnya permukaan tanah yang disebabkan oleh adanya perubahan pada volume lapisan batuan yang ada dibawahnya

Kejadian tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang lama, sehingga jika tidak diatasi memiliki dampak yang buruk untuk lingkungan sekitar.  Jakarta merupakan wilayah yang oaling sering mengalami penurunan tanah. Kejadian tersebut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti , Faktor Alami (Natural Subsidence), Faktor Pengambilan Air Tanah (Groundwater Extraction) dan Faktor Massa Bangunan (Settlement)

Cara Mengatasi Penurunan Permukaan Tanah

  • Penggunaan ABT

Mengatasi penurunan permukaan tanah sebisa mungkin memanfaatkan penggunaan Air Bawah Tanah (ABT) secara efisien. Jangan pernah mengeksploitasi berlebihan agar tidak terjadi kekurangan air bersih yang akan menyebabkan terjadinya penurunan permukaan tanah.

  • Penerapan Injeksi Air Tanah

Injeksi air tanah adalah kegiatan yang dilakukan aktifitas manusia dengan cara memasukan air ke tanah dengan metode gravitasi ataupun pompa. Dengan menggunakan metode ini mampu menjaga ketersediaan air tanah sehingga tidak terjadi penurunan permukaan tanah

  • Membuat Sumur Resapan

Sumur resapan adalah sebuah cara untuk menampung dan mengelola air dengan cara membuat lubang pada permukaan tanah. Tujuan pembuatan sumur resapan adalah untuk menampung air hujan kemudian akan dialirkan ke dalam tanah.

  • Menerapkan Prinsip Rainwater Harvesting

Rainwater harvesting merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengumpulkan air yang berasal dari air hujan lalu dimanfaatkan kembali untuk diolah menjadi air bersih layak pakai.

  • Penerapan Ruang Terbuka Hijau

Penerapan ruang terbuka hijau ini diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir dan dapat meningkatkan efisiensi dari air tanah. Selain itu diharapkan dapat memberikan ruang interaksi sosial bagi masyarakat.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait