Tips Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Kebakaran

Share
By Webmaster April, 17 2017 Tips Siaga Bencana
Tips Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Kebakaran

Setiap orang tentu tidak menginginkan terjadinya bencana. Tentu sebisa mungkin menghindarinya bencana. Kebakaran salah satunya, tentu kita tidak ingin terjadi kebakaran di tempat tinggal kita. Musibah kebakaran akan menimbulkan banyak kerugian, selain itu kebakaran juga bisa menimbulkan korban jiwa. Harta benda yang ada dirumah akan habis tidak tersisa karena dilahap sijago merah.

Yang terpenting adalah kita perlu memiliki pengetahuan tentang cara cara yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran. Sebab permasalahannya saat ini adalah masih banyak masayrakat yang belum mengetahui cara dan langkah yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran. Sebab kebakaran bisa terjadi kapan saja tanpa bisa kita duga.

Oleh sebab itu kita perlu memiliki persiapan dini untuk menghadapi kebakaran. Dan berikut adalah hal yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran.

Hal yang dilakukan ketika terjadi kebakaran

Tetap Tenang dan Jangan Panik

Ketika terjadi kebakaran tentu semua orang akan panik. Namun yang perlu di ingat adalah, ketika terjadi kebakaran kita harus tetap tenang dan jangan panik. Dengan berpikiran tenang ketika terjadi kebakaran akan lebih mudah berpikir taktis untuk menyelamatkan diri , keluarga dan juga harta benda.

Padamkan Api Sebelum Membesar

Kebakaran terjadi bisa karena hal sepele seperti, puntung rokok atau lilin. Konsleting atau arus pendek arus listrik juga menjadi penyebab terbanyak pada kebakaran di perkampungan padat penduduk. Ketika kebakaran sudah terjadi, dan api belum membesar ada baiknya kita mencoba untuk memadamkan api

Beritahu Orang Lain

Ketika terjadi kebakaran dirumah, segera beritahu orang dirumah anda agar bisa menyelamatkan diri. selain itu, beritahu juga tetangga anda jika terjadi kebakaran sehingga bisa mencoba untuk memadamkan api.

Menelpon Pemadam Kebakaran

Jika anda beserta keluarga sudah selamat dari musibah kebakaran dan kebakaran sudah membesar. Langkah selanjutnya adalah menelepon petugas pemadam kebakaran. Pastikan Anda melakukan panggilan darurat ke pemadam kebakaran ini saat Anda sudah berada di luar rumah, dan bukan di dalam rumah. Untuk itu, penting untuk mengetahui nomer telepon penting yang bisa dihubungi saat keadaan darurat melanda di rumah, seperti kebakaran ini.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait