Tips Sederhana Menghadapi Bencana Angin Puting Beliung

Share
By Staff PKK August, 17 2016 Tips Siaga Bencana
Tips Sederhana Menghadapi Bencana Angin Puting Beliung

Bencana angin puting beliung merupakan salah satu bencana yang dapat menimbulkan korban jiwa dan juga kerusakan. Tidak sedikit bangunan atau rumah yang rusak akibat bencana angin puting beliung. Oleh sebab itu bencana angin puting beliung perlu di waspadai. Banyak cara untuk bisa mengantisipasi bencana angin puting beliung sehingga bisa untuk meminimalisir dampak dari bencana angin puting beliung.

Langkah awal yang perlu di perhatikan adalah mengenali bulan saat memasuki pancaroba, selain itu juga pentiing bagi kita untuk melakukan penghijauan hal tersebut karena dengan adanya penghijauan udara tidak menjadi panas sehingga tidak terjadi perbedaan panas yang bisa menimbulkan adanya angin puting beliung

Saat terjadi angin puting beliung ada baiknya menghindar dari pohon pohon yang tinggi dan rapuh, karena pohon bisa saja rubuh terkena terpaan angin. Cari tempat aman, berlindung hingga situasi di rasa sudah aman.

Menghadapi Angin Puting Beliung Dan Jauh Dari Tempat Perlindungan

  • Cari tempat yang aman, jangan diam di dekap pohon pohon besar. ada baiknya anda tiarap di tempat yang rendah seperti, dekat saluran air dan sejenisnya. Tetap lindungi kepala anda dengan lengan anda.
  • Usahakan jangan berlindung di bawah jembatan atau jalan layang. Hal tersebut dihindari karena jika angin besar bisa meruntuhkan jembatan tersebut. Ada baiknya tetap tiarap pada tempat yang datar dan rendah.
  • Hindari mengendarai kendaraan saat akan menghindar dari angin puting beliung. Ada baiknya turun dari kendaraan dan menyelamatkan diri
  • Waspadai terhadap benda benda yang diterbangkan angin puting beliung. Hal ini dapat menyebabkan kematian dan cedera serius.

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait