Waspadai Peningkatan Kualitas Udara yang Buruk

Share
By Julianto Prabowo July, 23 2019 Info Penting
Waspadai Peningkatan Kualitas Udara yang Buruk

Indonesia merupakan negara yang berada di garis katulistiwa yang memiliki 2 musim dalam satu tahun. Saat ini musim kemarau telah berlangsung, pada beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan. Kejadian ini selain dapat mengakibatkan krisis kurangnya air bersih juga dapat mengakibatkan timbulnya krisis kesehatan. Musim kemarau yang berkepanjangan menjadi salah satu penyebab berpotensinya polusi udara seperti debu dan penyebaran polusi udara dari kendaraan.

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di beberapa wilayah di Indonesia mengalami peningkatan yang berdampak kurang baik. Nilai ISPU di Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Palembang, Kota Jakarta Utara, Kota Jakarta Pusat, Kota Surabaya, Kota Serang, dan Kota Manado terpantau PM10 memiliki nilai Sedang. Namun di 3 wilayah DKI Jakarta seperti Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Selatan dan Kota Jakarta Barat memiliki nilai ISPU yang tidak sehat.

Dampak yang dihasilkan dari kualitas udara yang kurang baik akan menyebabkan gangguan pernafasan dan iritasi pada mata. Dalam hal ini perlu adanya pencegahan agar tidak terpapar pencemaran udara pada tubuh maka masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker sebagai salah satu langkah pencegahan agar terhindar dari polusi udara.

Sumber referensi:Website Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait