Wilayah Jawa Timur Masih Di Dominasi Oleh Bencana Hidrometeorologi

Share
By Staff PKK April, 30 2016 Info Penting
Wilayah Jawa Timur Masih Di Dominasi Oleh Bencana Hidrometeorologi

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki potensi bencana alam yang cukup tinggi. hal tersebut karena letak geografis Indonesia yang terletak di Antara 3 Lempeng dunia, sehingga potensi gempa bumi, tsunami dan letusan gunung api masih mengancam. Selain itu bencana banjir dan tanah longsor termasuk bencana yang sering melanda indonesia. Wilayah Indonesia Seperti Jawa Timur memiliki Potensi bencana, namun bencana di Jawa timur masih di dominasi oleh Bencana Hidrometeorologi. Bencana ini cukup mendominasi di Jawa timur.

Jawa Timur yang dikelilingi gunung berapi aktif dan lautan serta intensitas curah hujan tinggi menjadikan wilayahnya menjadi rawan terjadi bencana. Namun dari data BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jatim diketahui, bencana didominasi oleh faktor hydrometeorologi hingga mencapai 53,84%.  Bencana Hydrometeorologi Di Jatim karena Letak Geografisnya. Jatim memiliki tujuh sungai dengan dua sungai besar, yakni Brantas dan Bengawan  Solo serta lima sungai di bawah kewenangan pemkab dan provinsi. Dalam bencana Hydrometeorologi , sungai menjadi pemicu terjadinya banjir yang di picu oleh curah yang tinggi. Selain itu, dataran tinggi sebagai sumber dari banjir bandang dan faktor geografis dikelilingi Laut Jawa membuat Jawa Timur rawan bencana banjir.

Saat ini Upaya pemantauan kondisi wilayah rawan bencana terus di tingkatkan. Selain itu upaya sosialisasi terus dilakukan kepada masyarakat terutama masyarakat yang tinggal didaerah rawan bencana seperti masyarakat yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) di sepanjang Sungai Brantas dan Bengawan Solo yang rawan banjir. Guna mencegah risiko dan kerugian akibat bencana alam, BPBD Jawa Timur melakukan serangkaian aksi. Mulai dari kesiapsiagaan sebelum bencana meliputi mitigasi bencana, pencegahan,rencana siaga, dan peringatan dini pada masyarakat.

 

Sumber : http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/hydrometeorologi-dominasi-bencana-di-jatim-hingga-53-84-persen

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait